Search

Marketplace Dan Forum Bisnis Di Indonesia Sebagai Tempat Promosi Bisnis Travel Agen

Marketplace Dan Forum Bisnis Di Indonesia Sebagai Tempat Promosi Bisnis Travel Agen
Seiring dengan majunya teknologi, membuat orang dapat lebih ringan dalam menjalankan aktivitasnya. Hal tersebut juga membawa perubahan dalam pada pola konsumsi masyarakat di Indonesia, karena sistem belanja online semakin digemari. Internet terus berkembang pesat dan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi para pelaku bisnis. Seperti bisnis travel agen dan PPOB, selain memanfaatkan sosial media untuk berpromosi. Anda juga dapat memanfaatkan marketplace dan forum-forum yang tersedia di Indonesia. Transaksi online diperkirakan akan terus berkembang, dengan adanya marketplace maka seorang penjual atau pembeli akan menjadi lebih mudah dalam melakukan transaksi jual beli. Proses transaksi menjadi lebih efektif dan tidak memakan waktu banyak. Berikut adalah marketplace dan forum bisnis di Indonesia yang bisa anda gunakan untuk menjual tiket online, PPOB mau pun paket tour:
  • Tokopedia
E-commerce berjenis marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Pada bulan September 2016, situs Alexa.com mencatat Tokopedia menempati peringkat ke delapan di indonesia dan peringkat 310 di dunia.
  • Bukalapak
Bukalapak menjadi asingan dari Tokopedia, marketplace yang didirikan oleh Achmad Zaky, di sini terdapat berbagai macam produk yang dijual. Di bukalapak para pelaku bisnis dapat menjual berbagai macam barang dengan harga pas dan siap untuk di negosiasikan dengan pembeli.
  • Kaskus
Kaskus didirikan oleh Andrew Darwis, situs e-commerce ini berjenis iklan baris atau proses jual belinya melalui forum. Anda bisa mempromosikan bisnis travel agen anda melalui forum bisnis dan forum jual beli yang sudah tersedia di situs ini.
  • Elevania
Elevania adalah marketplace yang diluncurkan oleh PT. Axiata Tbk dan menggandeng perusahaan SK Planet asal Korea Selatan untuk mengelola marketplace tersebut.
  • Lazada
Merupakan salah satu cabang dari Rocket Internet asal Jerman. Lazada menjadi salah satu marketplace populer di Indonesia.
  • OLX
OLX berjenis iklan baris, dulu memiliki nama Tokobagus yang dulu cukup populer di Indonesia. Tapi sekarang OLX menurun karena kalah bersaing dengan Tokopedia dan Bukalapak.
  • Blibli.com
Merupakan anak perusahaan dari Djarum. Meski tidak seramai iklan yang sering muncul di televisi dulunya tapi marketplace ini cukup sukses di indonesia.
  • Indowebster
Situs ini didirikan pada 15 April 2007, yang kemudian didesain ulang dan diluncurkan kembali pada tanggal 9 Juli 2011. Indowebster adalah situs yang berbentuk forum, seperti Kaskus, anda dapat melakukan promosi bisnis travel agen anda melalui forum bisnis yang sudah ada. Di atas adalah beberapa marketplace dan forum yang ada di Indonesia, yang pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi silahkan anda coba dan anda bandingkan sendiri situs marketplace di atas dan merasakan sendiri jenis situs marketplace mana yang menurut anda terbaik dalam berpromosi. Semoga bermanfaat!