Search

Manfaat Riset Pasar Dalam Bisnis

Manfaat Riset Pasar Dalam Bisnis
Riset pasar memberikan pelaku bisnis gambaran tentang jenis produk dan layanan baru yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang sedang anda jalankan. Untuk jenis produk dan layanan, riset pasar bisa memberitahukan pada anda tentang kebutuhan dan harapan konsumen pada bisnis anda tersebut. Riset pasar biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Manfaat riset pasar ini untuk mengetahui minat pembelian barang atau jasa di tempat di mana bisnis tersebut akan dijalankan. Perlu dilakukan riset pasar dalam skala kecil untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan, untuk itu anda bisa turun langsung ke lapangan dan mengadakan riset pasar. Berikut ini adalah manfaat riset pasar:
  1. Mencari pembeli
Sebelum memulai bisnis di lokasi baru, salah satu hal yang penting adalah mencari pembeli yang akan membeli produk yang anda jual. Mencari pembeli dapat dilakukan dengan berkomunikasi dengan para konsumen mengenai produk apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka cari, dan harga di pasaran.
  1. Melihat pesaing
Saat anda membuka sebuah bisnis, tentu ada pelaku bisnis lain yang menjalankan bisnis yang sama dengan anda. Di sini anda ditantang untuk bisa mengaplikasikan perbedaan produk, layanan, harga dan kepercayaan agar pembeli selalu kembali lagi pada anda.
  1. Memanfaatkan peluang
Setelah anda tahu daya beli konsumen dan pesaing anda dalam bisnis yang sama. Ada baiknya anda mencari peluang yang ada di pasar, untuk membedakan produk yang anda jual dengan produk yang pesaing anda jual. Peluang yang dicari haruslah peluang yang belum banyak di pasaran dan di lokasi tempat anda menjalankan bisnis anda, hal ini untuk mengurangi resiko persaingan pasar.
  1. Mengurangi resiko
Tujuan dari riset pasar adalah mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Jadi dampak yang didapatkan tidak terlalu memberatkan bagi anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam menjalankan bisnis. Resiko bisa saja terjadi karena menurunnya daya beli konsumen atau pun faktor internal seperti pecah kongsi dalam manajemen bisnis.
  1. Mempunyai rencana jangka panjang
Riset pasar mempunyai fungsi untuk membuat rencana jangka panjang dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya rencana, anda tidak akan lupa tujuan awal anda dalam membangun bisnis.
  1. Membangun potensial pasar
Potensi dari bisnis yang anda jalankan dapat anda simpulkan dari riset pasar yang telah anda lakukan. Melihat potensi pasar, sangat penting bagi anda untuk membangun langkah baru dalam bisnis. Pasar yang potensial sangat membantu bagi anda dalam menjalankan bisnis.
  1. Menjadi trend usaha
Riset yang anda lakukan akan memunculkan banyak ide baru termasuk menjadikan produk yang anda jual sebagai trendsetter, hal tersebut tentu akan meningkatkan penjualan.
  1. Memperoleh keuntungan dengan cepat
Dengan riset yang anda lakukan, anda akan mencari strategi agar modal yang anda keluarkan dalam membangun bisnis dapat kembali dengan cepat. Terlepas dari manfaat riset pasar yang didapatkan oleh anda, data dari hasil riset juga merupakan sebuah bentuk iklan.