Search

Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen

Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini telah menciptakan banyak peluang bisnis di mana transaksi bisnis makin banyak dilakukan memanfaatkan teknologi. Dengan perkembangan teknologi, terutama perkembangan internet, maka memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan transaksi jual beli tanpa bertemu secara langsung. Bahkan dapat melakukan transaksi jual beli dengan orang dari berbagai penjuru dunia, lebih mudah dan cepat.

Kehadiran internet telah memberikan keyakinan akan pentingnya teknologi dalam pencapaian tujuan finansial suatu perusahaan. Dan e-commerce merupakan salah satu keunggulan dari internet yang banyak digunakam untuk mengembangkan bisnis. Keberadaan e-commerce merupakan alternatif bisnis yang menjanjikan untuk diterapkan saat ini. Dengan e-commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam melakukan negosiasi. Jaringan internet dapat menembus batas geografis dan teritorial.

Lalu apa sajakah manfaat e-commerce bagi konsumen?

  1. Bisa Belanja Kapan Saja

Manfaat dari e-commerce yang satu ini sangat membantu konsumen dalam melakukan pengecekan, perencanaan atau pun langsung melakukan pembelian berupa jasa dan barang pada usaha tertentu. Berbeda dengan toko offline yang biasanya memiliki jam buka yang terbatas, di toko online konsumen dapat berbelanja kapan saja dan di mana saja.

  1. Menghemat Waktu

Dengan adanya e-commerce, maka konsumen dapat menghemat waktu dalam berbelanja, hal tersebut dikarenakan konsumen tidak perlu datang ke toko secara langsung. Cukup dengan cek barang yang dibutuhkan, kemudian pesan. Barang lalu akan dikirimkan oleh pemilik toko online.

  1. Barang Atau Jasa Yang Dibeli Konsumen Semakin Murah

Manfaat e-commerce benar-benar terasa oleh konsumen, hal ini dikarenakan manfaat e-commerce bagi perusahaan yang mengelola bisnis berupa barang atau jasa tersebut mempunyai biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan biaya operasional pada bisnis yang dikelola secara offline.

  1. Membandingkan Produk Dan Harga Secara Akurat

Melalui e-commerce, konsumen mampu membandingkan banyak produk sekaligus, hanya perlu mencari produk yang sama namun di toko atau perusahaan yang berbeda. Tanpa berjalan menyusuri jalan untuk membandingkan produk yang akan anda beli. Dengan e-commerce anda hanya pelu membuka komputer atau smartphone anda untuk membandingkan produk dan harga dari berbagai toko yang berbeda.

  1. Pembeli Lintas Wilayah

Dengan adanya e-commerce, konsumen mampu membeli barang atau layanan jasa dari luar negeri tanpa harus ke luar negeri. Contohnya: ketika konsumen ingin membeli produk sepatu original dari Amerika Serikat tanpa harus pergi ke negara tersebut, konsumen hanya perlu mencari produk sepatu yang diinginkan melalui website resminya dan dapat membayarnya melalui e-payment.