Search

Manfaat Asuransi Perjalanan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Asuransi Perjalanan Yang Wajib Anda Ketahui
Ketika hendak bepergian dengan menggunakan transportasi massal seperti pesawat, kapal dan kereta. Pernahkah terlintas di pikiran anda apabila transportasi yang anda gunakan mengalami kecelakaan? Apa yang akan terjadi pada diri anda? Pemikiran ini bisa membuat moment perjalanan liburan anda di hantui rasa cemas dan menjadi kurang menyenangkan. Travelling atau perjalanan adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan setelah disibukkan dengan rutinitas sehari-hari dari sekolah maupun bekerja. Dalam satu tahun setidaknya ada dua sampai tiga kali melakukan liburan, seperti libur lebaran, libur panjang atau yang biasa di sebut dengan long weekend dan libur akhir tahun. Namun ketika anda melakukan perjalanan atau liburan, bukan hanya senang-senang saja yang menjadi prioritas, tetapi juga memperhatikan untuk memiliki asuransi perjalanan (travel insurance). Asuransi perjalanan atau travel insurance hampir sama dengan asuransi jenis lainnya yang pernah anda dengar, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Bedanya, asuransi perjalanan ditujukan bagi para penumpang maupun para traveller yang akan menanggung biaya yang anda keluarkan jika anda mendadak sakit, atau mengalami kecelakaan ketika anda bepergian ke tempat wisata baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan ada juga asuransi perjalanan yang akan mengganti kerugian akibat jadwal penerbangan yang di undur/delay, kehilangan barang karena pencurian di dalam pesawat terbang, atau sebab lain yang mengakibatkan kematian, keterlambatan bagasi, dan kehilangan dokumen. Manfaat dari asuransi perjalanan yang perlu anda ketahui:
  1. Biaya Perawatan Medis
Tidak ada satu orang pun yang ingin moment liburannya rusak karena tiba-tiba jatuh sakit dan harus mendapatkan perawatan medis. Dan bayangkan jika terpaksa anda harus di rawat di rumah sakit negara lain dengan biaya yang super mahal. Dengan asuransi perjalanan, jika hal tersebut terjadi maka pihak asuransi akan menanggung biaya perawatan medis anda. Jadi, anda tidak perlu takut jika tidak memiliki uang untuk membayar biaya biaya perawatan.
  1. Santunan Kematian
Produk asuransi perjalanan juga memberikan santunan jika sampai terjadi sesuatu dengan penumpang dalam melakukan perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan maka ada sejumlah uang santunan yang akan diberikan kepada pihak keluarga penumpang yang telah meninggal dunia.
  1. Kompensasi Keterlambatan Atau Pembatalan Perjalanan
Jika terjadi keterlambatan atau pembatalan perjalanan, perusahaan asuransi juga akan memberikan ganti rugi atas kejadian hal tersebut. Akan tetapi dengan syarat dan kondisi serta ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi.
  1. Ganti Rugi Kerusakan Atau Kehilangan Bagasi
Permasalahan yang sering terjadi adalah kerusakan atau kehilangan bagasi. Jika anda memiliki asuransi perjalanan atau travel insurance, perusahaan asuransi akan mengganti segala kerusakan dan kehilangan bagasi sesuai dengan aturan yang tertulis dalam polis asuransi.
  1. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme Dan Bencana Alam
Aksi terorisme dan bencana alam bisa terjadi kapan saja. Hal ini dapat menyebabkan kerugian pada diri anda, baik kerugian dalam bentuk fisik, mental dan finansial. Namun jika anda memiliki asuransi, maka segala kerugian tersebut akan di tanggungkan pada pihak asuransi sehingga perjalanan anda menjadi lebih aman. Dengan adanya asuransi perjalanan ini, maka liburan anda menjadi lebih tenang dan aman tanpa memikirkan hal-hal lain yang dapat mengganggu pikiran anda. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Asuransi ini tidak dibayarkan secara teratur, melainkan hanya dibayarkan ketika anda akan melakukan perjalanan atau bepergian saja.