Search

Malioboro Coffee Night Yogyakarta, 2 Oktober 2017

Malioboro Coffee Night Yogyakarta, 2 Oktober 2017

Di Yogyakarta saat ini terdapat lebih dari 1000 kedai kopi. Kedai-kedai tersebut menyajikan kopi dari berbagai daerah dan disuguhkan dengan beraneka macam cara. Ritual minum kopi mengalami perubahan besar akibat meningkatnya taraf hidup dan bertambahnya golongan menengah ke atas di Indonesia. Dulu, menikmati secangkir kopi biasanya dilakukan di rumah atau warung kopi. Namun kini menikmati kopi bisa di lakukan di kafe dan restoran berkelas.

Aroma dan rasa kopi Indonesia telah menjadi identitas dan karakteristik tersendiri. Berbagai kopi dari daerah di Indonesia telah mendapatkan tempat khusus bagi para pecinta kopi di Indonesia bahkan di dunia.

Bagi anda penggemar kopi, ada event menarik yang bisa anda kunjungi. Event ini memiliki nama Malioboro Coffee Night. Acara ini menghadirkan sesuatu yang istimewa bagi para pengunjung yang berada di kawasan Malioboro dan para penggemar kopi khususnya. Dengan mengambil tema Coffee, Culture and Industry. Di dalam acara ini akan ada 10.000 cup kopi yang akan disuguhkan untuk pengunjung Malioboro.

Komunitas pecinta kopi Nusantara Yogyakarta dan pemerintah kota Yogyakarta bergandengan tangan membuat acara tersebut. Event ini akan diadakan pada tanggal 2 Oktober 2017 mulai pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB. Diselenggarakan untuk menyambut hari jadi kota Yogyakarta ke 261 pada tanggal 7 Oktober 2017 dan International Coffee Day yang juga jatuh pada tanggal 1 Oktober.

Malioboro Coffee Night melibatkan lebih dari 40 tenant dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain: Yogyakarta, Kulonprogo, Bandung, Jakarta, Cianjur, Aceh, Flores, Medan hingga Papua. Tidak lupa juga sisi edukasi akan diselipkan pada event ini. Dari mulai seluk beluk tentang kopi Indonesia dengan kualitas terbaik, petani kopi, penggiat kopi, dan industri terkait. Semua dikemas dalam bentuk global. Dalam Malioboro Coffee Night akan ditampilkan teknik meracik kopi yang mudah dan bisa dilakukan di rumah oleh para pecinta kopi.

Di event ini akan melibatkan para seniman dan pengisi acara. Pentas musik jalanan, cartoon art, dan seni mewarnai patung sepanjang malam. Pengunjung juga akan diajak mengenal tentang sejarah kopi di Indonesia. Masuknya kopi hingga perkembangannya saat ini. Sejarah kopi di Indonesia diperkirakan di mulai sejak abad ke 16. Ketika itu India mengirimkan bibit kopi Yemen atau Arabica kepada Gubernur Belanda di Batavia tahun 1696.

Selain itu, pada event ini juga akan dikenalkan kopi lokal yang ada di berbagai wilayah di Indonesia kepada para pengunjung. Sekaligus sebagai upaya untuk menyatukan potensi-potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.