Search

Makna Singkat Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi umat muslim yang ada di seluruh dunia. Maka dari itu Idul Fitri yang sangat berarti karena menuju hari kemenangan Idul Fitri harus melalui bulan Ramadhan atau bulan puasa yang sudah diwajibkan bagi umat muslim untuk menjalankannya. Hari raya Idul Fitri dirayakan setahun sekali pada setiap tahunnya, di mana setiap muslim saling bermaaf-maafan dengan segala sesuatu yang pernah diperbuat baik sengaja maupun tidak sengaja. Berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara menjadi moment yang selalu dinanti-nantikan.

Biasanya setelah melaksanakan sholat ied, keluarga akan berkumpul melakukan sungkeman untuk saling memaafkan satu sama lain. Para orang tua biasanya akan duduk dan anak-anak akan bergiliran menghadap orang tua dan meminta maaf dengan cara duduk bersimpuh di hadapan orang tua dengan sambil menyalami tangan orang tua dan menunduk di hadapannya serta meminta maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat. Setelah sungkeman selesai biasanya dilanjutkan dengan acara ziarah ke makam keluarga yang sudah meninggal atau berkumpul bersama makan ketupat dengan keluarga. Disusul dengan berkeliling kampung dan meminta maaf pada tetangga, sanak saudara dan teman-teman permainan.

Makna Idul Fitri yang tengah menjadi trend adalah mudik atau pulang kampung demi kumpul bersama keluarga. Orang-orang mulai dari kalangan selebriti, pejabat negara, karyawan, pelajar dan pedagang tidak takut mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket pesawat, kereta api dan tiket bus meski dengan harga yang selangit. Bahkan rela berdesak-desakan memasuki bus dan kereta api yang penuh dengan para pemudik lain.

Sebenarnya hal yang lebih diutamakan dari Idul Fitri adalah kembali pada kesucian setelah melewati bulan Ramadhan yang merupakan sebagai bulan suci bagi umat muslim dalam melakukan pembersihan diri dari segala macam larangan dan melaksanakan amal kebajikan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Dan ketika jiwa seseorang sudah bersih dari noda dan dosa ia termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali fitrah. Sedangkan jiwanya yang telah terisi dengan pahala-pahala amal kebajikan yang telah dilakukan maka mereka termasuk orang yang menang dan berhasil meraih pahala banyak. Begitu Idul Fitri tiba, mereka dianggap suci dan bersih layaknya seorang bayi yang baru lahir tanpa dosa.

Bagi umat muslim yang telah lulus menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan selama satu bulan penuh, Idul Fitri dapat diartikan sebagai hari kemenangan. Kembali ke fitrah ini dapat diartikan kembalinya ke dalam keadaan normal. Mereka yang telah diampuni dosa-dosanya menjadi suci kembali seperti bayi.

Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi anda yang merayakannya. Mohon maaf lahir dan bathin.

Sumber:

http://rumahkitab.com/makna-idul-fitri-mudik/

http://www.solopos.com/2015/07/17/lebaran-2015-makna-mendalam-di-balik-kata-lebaran-dan-idul-fitri-624949