Search

Makanan Khas Bulan Ramadhan Dari Berbagai Daerah

Makanan Khas Bulan Ramadhan Dari Berbagai Daerah
Bulan Ramadhan menjadi salah satu moment yang selalu dinanti-nantikan bagi umat muslim. Pada bulan tersebut di dalamnya terdapat rahmat dan berkah yang melimpah dan umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya. Selain bulan yang penuh rahmat, juga terdapat kemeriahan orang yang berjualan makanan untuk berbuka puasa juga banyak ditemui di jalan-jalan. Berbagai jenis makanan dapat anda jumpai di sana. Ada beberapa makanan yang hanya anda jumpai pada bulan Ramadhan. Di antara beragam makanan khas bulan Ramadhan, berikut ini adalah beberapa makanan dari berbagai daerah yang terdapat pada bulan Ramadhan:
  1. Kicak, Yogyakarta
Makanan ini terbuat dari beras ketan. Ketan yang sudah di masak kemudian dihaluskan, sehingga mirip dengan jadah atau gemblong. Kemudian di campur dengan kelapa parut, buah nangka sebagai pemanis dan penambah rasa. Rasa manis dan aroma nangka membuat kicak makin enak untuk di nikmati dan cocok sebagai makanan untuk berbuka puasa.
  1. Kolang-kaling dan Kolak, berbagai daerah di Indonesia
Makanan yang berasal dari biji pohon aren ini di olah menjadi berbagai macam hidangan makanan, biasanya kolang-kaling ini di campur dengan air kelapa dan sirup, cocok sebagai minuman pembuka setelah seharian berpuasa. Bahkan kolang-kaling bisa di campur dengan kolak. Makanan ini adalah juaranya makanan khas di bulan Ramadhan. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas menjadi salah satu menu wajib untuk berbuka puasa. Kolak menjadi pilihan yang pas. Hampir di setiap tempat mulai dari pinggir jalan hingga restoran berbintang menyajikan makanan manis ini sebagai menu buka puasa.
  1. Gulai siput, Tanjung Pinang
Bahan utamanya adalah siput sawah, di mana siput tersebut di masak dan di olah menjadi gulai dan di masak dengan campuran sayur-sayuran. Menu ini banyak digemari oleh masyarakat Tanjung Pinang karena rasanya yang lezat.
  1. Ketan Bintul, Serang
Ketan Bintul berbahan dasar nasi ketan yang dihaluskan lalu di beri taburan serundeng di atasnya. Penyajiannya juga seringkali ditemani oleh sepotong daging berkuah gulai. Konon katanya pada masa lampau ketan bintul adalah makanan yang khusus disajikan untuk para raja. Namun karena kebaikan dan kebijaksanaan dari Sultan Maulana Hasanuddin yang saat itu merupakan salah satu pangeran dari kerajaan Banten membuat makanan ini menjadi populer di kalangan rakyat jelata hingga sekarang.
  1. Pakat, Tapanuli
Makanan ini terbuat dari Rotan dan di sebut dengan Pakat. Makanan khas ini hanya bisa dijumpai di Medan selama bulan Ramadhan. Rotan yang di masak di sini adalah rotan yang berusia muda. Rotan-rotan muda yang telah di potong-potong dengan ukuran 1 cm kemudian di bakar di atas tungku selama kurang lebih 1 jam. Setelah dipastikan masak, kemudian rotan akan di kupas dan di ambil bagian tengahnya yang berwarna putih. Daging rotan tersebut kemudian di potong-potong yang kemudian dibubuhi dengan santan untuk menambah kenimatan rasanya.
  1. Sotong Pangkong, Pontianak
Warga Pontianak biasa menyebutnya dengan nama Sotong Pangkong, sebab sebelum disajikan, cumi / sotong di pukul-pukul atau di “pangkong” dalam bahas Pontianak-nya. Makanan ini terbuat dari cumi yang kemudian di keringkan lalu di bakar dengan menggunakan arang dan setelahnya di pukul-pukul dengan palu agar rasanya gurih. Akan terasa nikmat jika di makan dengan saos cabai dan cuka, sehingga memiliki rasa asam, manis, asin, gurih dan pedas.
  1. Mie Glosor, Bogor
Makanan ini merupakan makanan andalan dari kota hujan, Bogor. Terbuat dari tepung sagu dan kunyit ini tampak seperti mie yang biasa di jual di warung-warung makan. Namun teksturnya lebih kenyal, dan hanya bisa dijumpai keberadaannya pada saat bulan Ramadhan. Mie glosor ini disajikan dengan sambal kacang, gorengan dan juga kerupuk.
  1. Sate Susu, Bali
Walaupun Bali terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Hindu, namun pulau yang indah ini menyimpan makanan yang wajib di buru saat bulan Ramadhan datang, yaitu sate susu. Sate yang terbuat dari kantung susu sapi ini menjadi andalan sekaligus makanan yang selalu di buru pada bulan Ramadhan. Disajikan dengan sausnya yang khas, sambal plecing Bali, menambah rasa nikmat. Sate susu di percaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama bulan Ramadhan.
  1. Gulai Kakuwah, Bengkulu
Berbahan dasar ikan dan di masak dengan kuah gulai kuning, namun kuahnya tidak terlalu banyak tetapi juga tidak terlalu kering. Meski khas, namun tidak semua bisa memasak makanan ini. Sebab untuk membuatnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan ikan yang digunakan bukan sembarang ikan, jenis ikan yang digunakan: Tenggiri, Gemolo dan Ikan Kurau yang harganya tidak murah. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim. Pada bulan ini berbagai macam jenis makanan dan minuman dapat dengan mudah anda temui ketika menjelang waktu untuk berbuka. Tapi ingat, anda harus tetap menjaga asupan makanan selama bulan puasa. Dan jangan sampai berat badan anda naik atau gula darah anda naik.