Search

Liburan Seru ke Situs Warisan Dunia Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat

Liburan Seru ke Situs Warisan Dunia Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat

Pernahkah kamu mendengar soal Ombilin Sawahlunto? Wah,
rugi sekali jika belum, sebab situs tersebut baru saja ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Ombilin Sawahlunto menjadi situs ke lima di Indonesia yang ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO, setelah kawasan percandian Borobudur yang ditetapkan pada tahun 1991, kawasan percandian Prambanan pada tahun 1991, situs manusia purba Sangiran di Sragen dan Karanganyar tahun 1996, dan sistem pemerataan pembagian air dengan Subak di Bali yang ditetapkan tahun 2012.

Ombilin Sawahlunto ini unik sekali. Sebab, Ombilin Sawahlunto merupakan kota penambangan peninggalan Belanda. Ombilin Sawahlunto juga merupakan kota penambangan tertua di Asia Tenggara. Karena itu tak mengherankan jika situs ini masuk dalam daftar sementara situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2015 dan ditetapkan menjadi situs warisan dunia 5 Juli lalu melalui sidang umumnya di Baku, Azerbaijan.

Karena keunikannya, situs ini tentu menarik sekali untuk dikunjungi. Bayangkan saja bagaimana rasanya menjelajahi kota lama bekas tambang batu bara? Tentunya seru sekali!

Explore Ombilin Sawahlunto

  1. Rute dan Lokasi
    Untuk mengunjunginya, ada beberapa cara. Jika kamu berangkat dari Jawa, kamu bisa ambil penerbangan menuju Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Pastikan ya kamu mencari penerbangan paling ramah buat kantongmu ya. Setelah itu, kamu bisa memilih aneka alternatif transportasi untuk sampai di Kota Sawahlunto. Alternatif pertama adalah dengan menyewa mobil. Biayanya adalah 350 ribu sampai dengan 500 ribu per hari untuk jenis mobil Avanza dan Innova sudah termasuk biaya sopir. Jadi, pastikan kamu punya banyak teman seperjalanan ya supaya hemat di kantong. Sementara alternatif kedua adalah memakai bus. Melalui Bandara Minangkabau, kamu bisa naik bus Tranex menuju Lakuak, dari Lakuak barulah kamu menuju Sawahlunto. Barulah kemudian, liburan serumu siap kamu mulai.
  2. Kota Tambang Batubara
    Ada banyak hal yang bisa kamu eksplor di Ombilin Sawahlunto. Kamu bisa menjelajahi sebuah kota tambang batubara dengan aneka infrastrukturnya. Mulai dari rumah-rumah pekerja, jaringan kereta api, area perdagangan dan komersial, sampai fasilitas kesehatan. Imajinasimu akan dibawa ke masa di mana tambang ini masih aktif, dan pemerintah kolonial masih berkuasa di sana dan bagaimana tempat itu melalui perjalanan waktu hingga sekarang. Ombilin Sawahlunto memang disebut-sebut menjadi lahan pertukaran antara kebudayaan kolonial Belanda dengan kebudayaan asli Sumatra Barat. Sebab, dulunya tambang itu adalah desa kecil yang berubah jadi kota tambang, setelah batubara ditemukan.
  3. Lobang Mbah Soero
    Selain menikmati lanskap sebuah kota tambang lama, yang tentunya jarang ada, kamu juga akan melihat sebuah tambang bawah tanah ketika mengunjunginya. Tambang bawah tanah itu punya nama juga loh! Lobang Mbah Soero adalah sebutannya. Ketika memasukinya, seperti di film, kamu akan melihat sebuah terowongan bawah tanah dengan penerangan seadanya dan jalan sempit yang punya kemiringan 20o. Tentunya tidak segelap tambang batubara sungguhan, tapi di sana kamu akan bisa merasakan sensasi menjadi pekerja tambang, dengan masuk ke terowongan lembab dan remang. Ketika masuk ke sana mungkin perasaanmu akan sedikit teraduk, sebab dalam lubang tambang itu dulunya dipekerjakan orang-orang hukuman yang disebut dengan “Orang Rantai”. Jangan tanya bagaimana kondisi kerjanya, pasti berat sekali!

Keamanan Terjamin
Oh iya, tak perlu khawatir ya dengan keselamatanmu, sebab keamanan di tempat itu sudah terjamin, dan tak ada lagi aktivitas tambang yang berjalan. Kamu juga akan dibekali dengan helm untuk menjaga keselamatan kepalamu dan tentunya untuk membuatmu makin merasakan suasana kota tambang lama itu.

Jadi bagaimana, sudah cari tanggal untuk mengeksplor aneka pesona di kota tambang Ombilin Sawahlunto?