Search

Liburan Hemat Anti Ribet di Jogja, Siasati dengan Tips Ini!

Liburan Hemat Anti Ribet di Jogja, Siasati dengan Tips Ini!

Jogja memang pantas dijuluki sebagai kota seniman. Jika kamu berlibur ke sini, maka kamu akan menjumpai banyak seniman mulai dari pematung, penari, hingga pembuat batik. Dari sini juga Jogja dijuluki sebagai kota Batik. Berbagai macam jenis batik telah diproduksi di kota ini. Bukan hanya di dalam negeri saja, karena batik juga telah menyebar ke seluruh mancanegara. Beberapa di antara mereka bahkan sampai ada yang mengunjungi Jogja hanya untuk belajar seni batik tulis. Tentunya kamu sebagai orang Indonesia ikut bangga bukan?

Belum lagi Jogja memiliki makanan khas yaitu Gudeg, yang nikmatnya terkenal seantero negeri setelah rendangnya orang Padang. Nah jadi ngiler kan? Mendengar itu semua, pastinya kamu jadi pengen cepat-cepat liburan ke Jogja. Namun sayangnya, liburan identik dengan kata pemborosan. Belum biaya transport, sewa penginapan, makan selama liburan di sana, dan yang pasti ditunggu-tunggu oleh teman-teman dan saudara kamu adalah oleh-olehnya.

Tapi tenang, semua itu bisa disiasati dengan cara ini supaya kamu bisa liburan hemat di Jogja yang tentunya anti ribet. Mau tahu apa itu, berikut tips-tipsnya!

  1. Jangan menggunakan transportasi melalui udara
    Banyak dari kamu tentunya tahu, bahwa biaya transportasi pesawat terbang itu tidaklah murah. Ya meskipun cepat, namun apa gunanya jika pada akhirnya kamu kehabisan ongkos di jalan. Bagi yang berasal dari luar kota Jogja, kamu bisa menyiasatinya dengan naik kereta api atau bus. Karena kereta api dan bus tergolong murah dan tidak terlalu menguras kantong. Sehingga kamu bisa liburan hemat di Jogja tanpa takut tidak bisa pulang karena kehabisan ongkos.
  2. Pilihlah tempat makan yang sederhana tanpa harus minder
    Di sepanjang kota Jogja, kamu pasti akan menjumpai para penjual nasi Gudeg yang menawarkan dagangan mereka. Mulai dari emperan toko, hingga restoran mewah. Nah bagi kamu yang ingin liburan hemat di kota Jogja, jangan sekali-kali masuk ke dalam restoran. Sebab harga-harga menu di sana sudah pasti mahal semua. Karena selain harus membayar pajak yang besar, tempatnya pun memang nyaman. Sehingga pantas saja jika mereka membebankan semua biaya itu ke dalam menu-menunya. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli atau makan di tempat-tempat sederhana, seperti emperan toko misalnya. Dari pagi hingga malam, akan selalu ada penjual yang menjajakan dagangan mereka. Tak perlu malu dan minder, karena banyak juga orang yang makan di tempat-tempat seperti ini. Bahkan rasanya pun tak kalah nikmat.
  3. Pilih penginapan yang sederhana
    Jika kamu ingin menginap di hotel berbintang yang lengkap dengan fasilitas seperti AC, kolam renang, televisi, serta air mandi hangat, maka jangan sekali-kali kamu berharap agar bisa liburan hemat di Jogja. Sebab hotel dengan beberapa fasilitas tersebut, biasanya mematok harga paling murah sekitar empat ratus ribuan. Berbeda dengan penginapan biasa, yang harga sewanya relatif lebih murah. Bahkan ada yang tidak sampai seratus ribu, syukur-syukur di dalamnya ada fasilitas televisi dan AC nya. Sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan hemat di Jogja. Tidur nyenyak tidak harus di kamar mewah bukan?
  4. Pilih tempat yang gratis
    Liburan tidak harus mengeluarkan banyak yang alias mencari yang gratisan. Tak masalah selama itu tidak melanggar peraturan dan merugikan orang lain. Untuk di wilayah Jogja, kamu bisa mengunjungi Malioboro. Malioboro merupakan tempat terbesar setelah Bandung dan Bogor. Sekaligus merupakan jantung kota Jogja. Di sini, kamu tak perlu mengeluarkan biaya jika hanya sekedar duduk santai menikmati suasana kota Jogja. Bukankah ini yang kamu harapkan dari liburan hemat di Jogja? Waktu paling tepat mengunjungi Malioboro adalah pada saat malam hari. Jika hanya sekedar duduk santai, terdapat bangku yang diletakkan di pinggiran sepanjang jalan Malioboro. Belum lagi pemandangan orang-orang memadati sepanjang toko dan pinggiran jalan. Bahkan kuda beserta delmannya, menambah semakin kental suasana Jogja.
  5. Cinderamata tak harus yang mahal, asal berkesan
    Untuk membawakan oleh-oleh baik untuk rekan atau saudara, kamu juga bisa mengunjungi Malioboro. Karena di sini, banyak toko yang terkenal akan harganya yang relatif murah dan tidak menguras kantong. Mulai dari jajanan khas, pakaian, kerajinan tangan, hingga pernak-pernik. Meskipun murah, bukan berarti murahan. Karena untuk kerajinan tangannya, Jogja tidak perlu diragukan lagi. Belum lagi jajanannya juga terkenal enaknya. Sambil jalan-jalan menikmati suasana kota Jogja, kamu bisa membeli oleh-oleh tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan begitu, kamu jadi bisa liburan hemat di Jogja.

Nah itulah beberapa tips untuk bisa menyiasati agar bisa liburan hemat di Jogja juga anti ribet, semoga bermanfaat.