Search

Liburan dengan Kapal Pesiar? Ini Perbedaan Kapal Pesiar Sungai dan Kapal Pesiar Laut

Liburan dengan Kapal Pesiar? Ini Perbedaan Kapal Pesiar Sungai dan Kapal Pesiar Laut

Liburan dengan kapal pesiar memang menyenangkan. Tak hanya mengarungi laut, kapal pesiar juga ada yang menyusuri sungai. Sebelum kamu mencoba liburan dengan kapal pesiar, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan kapal pesiar sungai dan laut sebagai berikut.

  1. Sensasi Perjalanan
    Kapal pesiar sungai banyak berfokus mengarungi sungai-sungai besar di Eropa. Terdapat banyak kastil dan desa-desa kuno yang dapat dilihat sepanjang perjalanan dengan kapal pesiar sungai. Sebab itu biasanya penumpang kapal pesiar sungai lebih suka menghabiskan waktu di atas dek kapal, agar dapat melihat pemandangan darat secara keseluruhan.
    Berbeda dengan kapal pesiar laut, penumpang kapal pesiar sungai banyak menghabiskan waktu di darat. Berkeliling mengunjungi kota atau desa yang dilewati oleh kapal pesiar dengan pemandu lokal yang telah disiapkan.
  2. Rute Perjalanan
    Kapal pesiar sungai memiliki banyak rute, khususnya di sungai-sungai besar Eropa. Ini juga menjadi cara baru untuk menelusuri beberapa negara di Eropa sekaligus lewat jalur air.
    Kamu bisa menelusuri bagian barat Eropa melalui Sungai Rhone dan Rhine. Biasanaya Rhone berfokus pada daerah di Perancis, sedangkan Rhine berfokus pada Jerman dan Belanda. pada bagian Timur Eropa ada Sungai Danube yang mengarungi daerah Budapest dan Austria.
  3. Fasilitas Kapal
    Kapal pesiar laut biasanya memiliki klinik, kasino dan pertunjukkan di malam hari. Liburan dengan kapal pesiar laut, penumpang akan memiliki kamar tersendiri dan disajikan makanan sehari tiga kali lengkap dengan camilan dan sesi minum teh.
    Beda hal dengan kapal pesiar sungai yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Selain berukuran lebih kecil, waktu penumpang kapal pesiar sungai banyak dihabiskan di darat.
    Oleh karena kapal pesiar sungai lebih kecil, maka lebih mudah bersandar ke darat. Tidak seperti kapal pesiar laut yang kadang harus turun lagi dengan kapal kecil. Kapal pesiar sungai ibarat sebagai boutique hotel di tengah sungai yang menjadi tempat beristirahat dan bersantap para penumpang.
  4. Solusi Mabuk Kendaraan
    Kapal pesiar sungai cocok bagi yang mudah mabuk perjalanan. Wisatawan tak perlu takut mabuk, sebab ombak di sungai yang umumnya lebih tenang ketimbang kapal pesiar lautan. Menggunakan kapal pesiar sungai akan membuat liburan menyenangkan tanpa terganggu mabuk kendaraan.
    Selain itu, kapal pesiar sungai lebih sedikit penumpangnya, sebab kapasitasnya lebih kecil dibanding kapal pesiar laut. Hal ini juga membuat proses keluar masuk kapal tidak perlu antri lama, paling lama hanya butuh waktu 15 menit. Lama perjalanan dengan kapal pesiar sungai terbilang beragam. Mulai dari pilihan tiga hari sampai 14 hari.
  5. Tarif Paket Pesiar
    Penumpang kapal pesiar sungai biasanya adalah wisatawan pasangan dengan usia matang yang gemar pelesir wisata sejarah dan budaya yang lebih santai dan privat. Jadi tak heran bila harga kapal pesiar sungai terbilang lebih tinggi jika dibanding paket kapal pesiar laut.
    Lebih dari itu, setiap biaya pelayaran yang dibayar oleh wisatawan sudah mencakup semua akomodasi yang diperlukan, seperti makanan yang tersedia sepanjang hari lengkap dengan ruang makan khusus, layanan kamar 24 jam dan hiburan.
    Dengan begitu, kamu benar-benar menghemat biaya saat melakukan liburan dengan kapal pesiar dibandingkan dengan liburan darat, karena tidak perlu membayar tiket pesawat, kereta api, atau taksi untuk membawamu dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

Itulah perbedaan kapal pesiar sungai dan kapal pesiar laut. Selamat berlibur!