Search

Liburan Ceria Wisata Seni Fotografi Bawah Air di Umbul Ponggok Klaten

Liburan Ceria Wisata Seni Fotografi Bawah Air di Umbul Ponggok Klaten

Umbul ponggok klaten merupakan tempat wisata yang sedang hangat diperbincangan saat ini. Banyak bermunculan hashtag umbul ponggok di berbagai media sosial yang menampilkan keindahan dan keunikan dari wahana bawah air ini.

Umbul Ponggok ini terletak di Jl. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tarif masuknya pun berbeda pada hari kerja dan hari libur. Untuk hari kerja tarifnya sebesar Rp.15.000 dan saat hari libur Rp 30.000.

Mau tahu apa saja yang akan kamu temukan di Umbul Ponggok Klaten?

  1. Bukan kolam renang biasa
    Umbul Ponggok Klaten ini bukanlah kolam renang biasa. Karena di sini kamu akan dapat merasakan sensasi berenang bersama ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok. Kamu tidak usah takut dengan bau amis ikan di sini karena arus airnya terus mengalir dan kamu tidak akan merasa lengket atau melihat kotoran dari ikan air tawar ini. Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving yang bisa kamu nikmati hanya dengan snorkeling atau berenang santai di sini.
  2. Underwater photograpy
    Nah, akhir-akhir ini, keberadaan Umbul Ponggok Klaten ini nggak cuma dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Kolam renang alami yang berukuran sekitar 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5 – 2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy. Kolam renang wisata Umbul Ponggok memiliki arus air bersahabat serta sumber mata air jernih sehingga nampak segar. Air yang selalu tampak segar ini karena air mengalir terus dari sumber mata airnya. Sumber mata air kolam terus mengalir setiap saat, membuat kolam selalu terlihat jernih bahkan keberadaan ikan di kolam tak berbau amis, sementara air sebelumnya pada kolam, dialirkan keluar menuju area persawahan warga.
  3. Tarif underwater photograpy
    Umbul ponggok klaten ini berbeda seperti kolam buatan manusia, jika kolam pada umumnya menggunakan dasar lantai dari keramik, sedangkan wisata kolam Ponggok hanya berlantai hamparan pasir bersih, bebatuan alami serta ribuan ikan berwarna-warni. Salah satu daya tarik dari wisata pemandian Klaten ini ialah sesi foto di bawah air atau sudah kita sebut sebagai underwater photograpy tadi , oleh sebab itu pengelola pun menyediakan kamera underwater. Sedangkan biaya penyewaan kamera sebesar Rp. 60.000 selama 30 menit dan Rp. 100.000 selama satu jam. Jika kawan ingin melakukan sesi pemotretan dengan konsep bahkan untuk foto prewedding, maka di sana pun ada jasa pemotretan underwater dengan harga relatif terjangkau.
  4. Foto anti mainstream
    Tema-tema foto dalam air di Kolam Umbul Ponggok ini memang anti mainstream. Bagaimana mungkin kamu bisa berdiri sebuah tenda di dalam air, menaiki motor vespa, duduk bersantai di kursi taman, atau menonton televisi. Jangan khawatir ya, sekarang semua tema itu bukanlah khayalan semata dan dapat diwujudkan hanya di kolam Umbul Ponggok Klaten.
  5. Datang pagi dan sore hari
    Ada masukan dari beberapa pengunjung bahwa sesi foto akan lebih baik jika dilakukan pada saat pagi hari dan sore hari antara pukul 07.00 – 09.00 WIB atau sore hari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Selain karena matahari belum terlalu tinggi, pasir di dasar Kolam Umbul Ponggok Klaten ini juga belum banyak naik hingga tidak mengaburkan pandangan. Sore hari juga matahari sudah mulai tidak menantang lagi sinarnya dan sangat bagus untuk pencahayaan di kamera.

Walaupun kamu tidak bisa berenang, kamu masih dilegalkan untuk foto selfi underwater kok. Makanya buruan datang ke Umbul Ponggok, bawa kamera terbaikmu dan siapkan senyuman termanismu.