Search

Langkah Praktis Dalam Memulai Bisnis Travel Hingga Berhasil

Langkah Praktis Dalam Memulai Bisnis Travel Hingga Berhasil

Membuka usaha tour dan travel tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh sebagian orang. Peluang usaha ini masih sangat menjanjikan, Indonesia kaya akan pemandangan alam yang elok, kuliner yang lezat dan wisata budaya yang memikat. Bisnis ini cukup menjanjikan seiring dengan kemudahan akses transportasi dan fenomena bepergian yang telah berubah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Animo masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk bepergian dan berlibur ke tempat-tempat wisata. Hal ini membuat berwisata menjadi kebutuhan dasar manusia yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan sandang dan pangan. Biasanya mereka yang merencanakan untuk berwisata mengajak anggota keluarga yang lain atau teman-teman mereka yang lain untuk melakukan perjalanan wisata ke tempat tjujan wisata yang dituju. Ini yang membuat bisnis tour dan travel tidak pernah mati.

Peluang usaha tour dan travel memang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi namun tetap memberikan potensi keuntungan usaha yang besar. Karena pangsa pasar yang masih luas dan terbuka lebar. Sehingga usaha tour dan travel ini banyak diminati orang meskipun memiliki modal yang sedikit.

Salah satu keuntungan dari usaha tour dan travel ini adalah usaha ini bisa dijalankan secara sampingan, tapi pendapatan yang didapatkan bisa mengalahkan gaji seorang karyawan atau PNS. Berikut adalah sejumlah langkah praktis dalam memulai bisnis travel sampai berhasil:

  1. Memilih Jenis Usaha Travel

Bisnis travel adalah bisnis yang luas, seperti bisnis tiket pesawat, tiket kereta api, usaha sewa mobil, pengurusan paspor dan visa, reservasi hotel hingga bisnis travel wisata. Sebaiknya pilih bisnis yang tergabung dalam satu sistem yang sama. Sehingga akan memudahkan anda dalam bertransaksi.

  1. Membuat Ijin Bisnis Travel

Buat bisnis anda menjadi bisnis yang mempunyai kekuatan hukum dengan mendaftarkannya kepada dinas pariwisata setempat. Anda dapat menjalankan bisnis tour dan travel anda dengan baik.

  1. Membuat Paket Wisata

Buatlah paket wisata dari bisnis yang anda kelola dengan nama yang unik dan dapat menarik minat konsumen dengan mencantumkan tempat-tempat wisata yang sedang populer.

  1. Menjadi Travel Agen

Ada cara praktis dengan jumlah modal yang sedikit yaitu dengan bergabung menjadi travel agen atau mitra usaha pada perusahaan travel besar yang membuka kemitraan. Misalnya yaitu menjadi Mitra Usaha pada CITOS. Tugas anda hanya mempromosikan dan menjual tiket secara online melalui sistem tiketing online dari perusahaan tersebut.

  1. Promosi

Promosi adalah salah satu elemen penting yang menentukan maju atau mundurnya sebuah usaha tour dan travel. Anda dapat mempromosikan bisnis tour dan travel melalui brosur, media cetak serta media sosial yang anda miliki. Semakin dikenal bisnis tour dan travel anda, maka semakin besar keuntungan bisnis yang akan anda dapatkan.

  1. Mencintai Dunia Travelling

Keuntungan dari bisnis ini adalah anda bisa berwisata gratis. Sebab anda bisa bertugas mendampingi dan mengikuti para konsumen dalam berwisata.

  1. Kerja Keras

Dengan kerja keras, tekun dan ulet untuk mewujudkan bisnis travel yang menguntungkan. Tanpa kerja keras dan pantang menyerah mustahil bagi seseorang untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya.