Search

Langkah Menjalankan Usaha Tour Dan Travel Bagi Mahasiswa

Langkah Menjalankan Usaha Tour Dan Travel Bagi Mahasiswa

Jika dilihat dari lingkungan sekitar, banyak peluang bisnis yang cocok dan bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan modal kecil. Bisnis sampingan yang tentu saja menghasilkan bukan hanya menambah uang saku, tetapi juga menambah pengalaman dalam berbisnis. Karena dengan berbisnis, mahasiswa tidak perlu dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus kuliah dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus.

Di internet dapat ditemui peluang bisnis sampingan bagi mahasiswa dan pelajar yang bisa dijalankan tanpa mengganggu jam belajar maupun jam kuliah. Bisnis tersebut dapat dijalankan sesuai dengan minat, bakat dan keterampilan yang dimiliki. Bagi mahasiswa yang mempunyai hobi travelling dan dapat merencanakan perjalanan wisata maka dapat memulai bisnis sampingannya di bidang jasa tour dan travel dengan menjual tiket secara online serta menyediakan paket tour dalam dan luar negeri.

Dengan mengandalkan bisnis tour dan travel online, mahasiswa yang punya hobi jalan-jalan bisa membawa wisatawan untuk menikmati wisata alam. Berikut langkah dalam menjalankan usaha tour dan travel bagi mahasiswa:

  1. Sesuaikan Dengan Modal Yang Dimiliki

Sebelum memulai sebuah bisnis tour dan travel, sesuaikan terlebih dahulu dengan modal yang anda miliki. Bergabunglah dengan perusahaan travel yang membuka keagenan dalam penjualan tiket online. Biasanya perusahaan travel tersebut mematok harga yang minim untuk menjadi mitra usaha.

  1. Kenali Tempat Wisata

Jika anda mahasiswa yang mempunyai hobi jalan-jalan ke tempat wisata dan menjelajah alam, bisnis ini cocok untuk anda jalankan. Dengan hobi travelling yang anda miliki, anda dapat membuat paket wisata ke tempat-tempat yang menarik.

  1. Memiliki Komunitas

Bisnis tour dan travel ini cukup menguntungkan, apalagi jika musim liburan atau peak season tiba. Libur kuliah sekaligus mendapatkan uang tambahan dari bisnis yang berawal dari hobi ini. Anda cukup melakukan promosi melalui komunitas yang anda ikuti di kampus maupun komunitas di luar kampus. Selain itu anda dapat bergabung dengan komunitas wisata lainnya untuk memperoleh informasi mengenai tempat-tempat menarik lainnya.

  1. Bisa Berbahasa Asing

Tidak selamanya wisatawan yang menggunakan jasa tour dan travel anda adalah wisatawan domestik. Bahkan wisatawan asing pun dapat menggunakan jasa anda untuk menikmati wisata di Indonesia. Oleh karena itu anda harus menguasai setidaknya salah satu bahasa asing, bahasa inggris sebagai bahasa internasional untuk dapat berkomunikasi dengan mereka. Anda bisa saja mengikuti kursus bahasa inggris atau privat bahasa inggris dengan teman anda yang jago dalam berbahasa inggris.

Sebagai mahasiswa anda tidak perlu menyewa tempat dikarenakan modal yang tidak mendukung. Sebaiknya buatlah website atau blog yang berisi tentang jasa tour dan travel yang anda jalankan dengan semenarik mungkin. Isilah konten yang menarik pada blog anda tersebut dengan memasang foto tempat wisata, karena foto memegang peranan penting dalam bisnis ini agar wisatawan tertarik menggunakan jasa tour dan travel anda.