Search

Langkah-Langkah Dan Peluang Bisnis Hadapi Masa Pensiun

Ketika berbicara tentang pensiun, memang saatnya untuk beristirahat dan menikmati hasil kerja yang sudah pernah dijalani sebelumnya. Namun terkadang bagi orang yang sudah terbiasa bekerja, diam di masa pensiun membuat mereka bosan karena tidak ada hal yang dilakukan. Mereka ingin mengisi kegiatan sehari-hari, dengan hal yang mereka suka serta bisa menambah penghasilan, karena masa pensiun pendapatan pun berkurang banyak. Saat memasuki masa pensiun sebaiknya anda mencari peluang bisnis yang juga dapat dijalankan di rumah.

Jenis peluang apa saja yang cocok di ambil ketika memasuki masa pensiun?

Mulai dari peternakan, perkebunan, pertanian, properti, sewa menyewa mobil hingga tiket online dan PPOB (pembayaran online) serta masih banyak ide-ide usaha lainnya yang bisa digali. Beberapa bisnis usaha tersebut di atas memang banyak orang yang menyukainya dan merupakan kegiatan yang sudah menjadi hobi bagi sebagian orang.

Masih banyak jenis peluang bisnis yang bisa dilakukan pada masa-masa pensiun, semua kembali pada kreatifitas masing-masing. Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan menjelang masa pensiun? Berapa pun usia anda sekarang, sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mulai Perencanaan

Jika usia anda sekarang masih 20 atau 30-an pensiun mungkin masih jauh, akan tetapi sebaiknya anda mulai membuat perencanaan untuk masa pensiun. Ketika anda masih bekerja untuk apa saja kah uang gaji yang anda dapatkan dari pekerjaan selain untuk membayar uang sewa rumah, tagihan telepon, tagihan listrik dan lain-lain? Jika anda mempunyai sisa dari uang gaji anda, sebaiknya anda simpan untuk merencanakan masa pensiun.

  1. Kontribusi dan Investasi

Memasuki usia 40-an hingga 50-an, karir anda sudah jauh lebih baik dan mapan. Namun jangan lupa untuk tetap berinvestasi, misalnya berinvestasi dalam bentuk rumah, tanah hingga emas. Atau hal-hal lain yang menghasilkan uang, seperti berinvestasi pada rumah kos, membuka bisnis tiket online dan sebagainya, sehingga anda akan memperoleh tambahan penghasilan lebih banyak dari bisnis tersebut.

  1. Pada masa pensiun, habiskan lebih sedikit uang dan berhemat

Dan ketika anda memasuki usia akhir 50-an atau awal 60-an anda masih tidak memiliki cukup banyak uang dalam menghadapi masa pensiun, jangan khawatir. Sebaiknya anda ubah cara hidup anda dari ketika anda masih bekerja hingga pada masa anda sudah pensiun, jangan terlalu menghabiskan banyak uang dan lebih hemat pada keuangan. Anda bisa gunakan sedikit uang pensiun anda untuk memulai usaha baru seperti bisnis afiliasi atau tiket online dan PPOB, di mana anda dapat menjalankan bisnis dari rumah dengan modal minim.