Search

Langkah-Langkah Dalam Membuat Kata Kunci Yang Berkualitas SEO

Langkah-Langkah Dalam Membuat Kata Kunci Yang Berkualitas SEO

Kata kunci atau keyword adalah salah satu pemegang peranan penting dalam SEO (Search Engine Optimization) agar blog atau website anda dapat terindex di halaman pertama atau ranking atas pada mesin pencari yang sesuai dengan kata kunci yang relevan terhadap konten dan website anda. Karena menggunakan kata kunci atau keyword, merupakan prioritas utama dalam menciptakan suatu konten atau artikel dalam sebuah blog/website.

Keyword atau kata kunci adalah hal yang harus diperhatikan. Karena jika anda tidak memperhatikan hal tersebut, akan berat bagi blog atau website anda untuk menduduki halaman pertama pada mesin pencari. Untuk membuat website atau blog anda masuk dalam halaman sepuluh besar dari hasil mesin pencari bukanlah hal yang mudah. Lalu apa yang perlu diperhatikan saat menentukan keyword atau kata kunci dalam sebuah konten?

Bagi anda yang ingin memiliki blog yang menggunakan kata kunci yang berkualitas SEO (Search Engine Optimization), ada baiknya anda memperhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Riset Kata Kunci

Ketika anda membuat sebuah website atau blog, anda tidak membuatnya begitu saja tanpa sebuah perencanaan. Hal yang sangat penting yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetik kata kunci di mesin pencari untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google adwords: Keyword Tools, yang merupakan layanan gratis dan disediakan oleh Google secara gratis atau tidak berbayar.

  1. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Sebenarnya domain tidak harus berisi kata kunci, bukan sebuah keharusan. Namun dengan memasukkan keywords dalam domain akan dapat membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Misalnya: yang menyediakan jasa tour dan travel, bisa saja menggunakan domain: tourmurah.com, paketwisata.com, dan lain-lain.

  1. Konten Berkualitas

Tidak ada yang lebih baik dari konten yang dibuat secara original. Dengan membuat konten original, maka konten anda akan lebih mudah mendapatkan ranking pada halaman mesin pencari. Dengan isi konten yang berkualitas dan original, akan dapat menaikkan index pada website milik anda.

  1. Gunakan Sosial Media

Gunakan akun sosial media yang anda miliki seperti: Twitter, Facebook, Google Plus, Instagram dan lain-lain untuk membagi konten dari website yang telah anda buat. Sosial media ini tidak hanya membantu SEO (Search Engine Optimization) pada website anda tapi juga akan menambah pengunjung ke website atau blog anda tersebut.

  1. Membangun Backlinks

Backlinks adalah dimana website lain memiliki link ke website anda. Usahakan link tersebut berasal dari website yang relevan dengan website anda. Misalnya: jika anda mempunyai bisnis travel, anda bisa bergabung dengan forum-forum traveling dan aktif pada forum tersebut dengan cara gunakan backlinks ke website anda pada bagian signature. Hal yang penting yang perlu anda perhatikan dalam membangun backlinks untuk sebuah website adalah dengan membangun backlinks yang berkualitas. Gunakan waktu luang anda untuk membangun backlinks dan perlu dilakukan secara terus-menerus dengan bertahap.