Search

Kondisi Pasar Yang Dapat Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Layanan Jasa

Kondisi Pasar Yang Dapat Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Layanan Jasa
Saat ini banyak bermunculan bisnis di berbagai bidang, salah satunya adalah bisnis di bidang jasa. Namun terkadang masih banyak orang yang bingung dalam menjalankannya. Bisnis jasa cenderung memberikan memberikan pelayanan pada konsumen. Oleh karena itu bisnis jasa mengukur tingkat keberhasilan dengan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Meski begitu, dalam menjalankan bisnis jasa juga tidak terlepas dari berbagai hambatan dan masalah. Jasa merupakan sesuatu yang tidak berwujud, sehingga sebagai pelaku usaha anda harus mempunyai strategi untuk dapat mengelolanya dalam segi penawaran dan permintaan dari konsumen. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa perlu memahami faktor-faktor yang membatasi kapasitas dan pola permintaan yang dihadapi. Dalam waktu tertentu, layanan jasa akan mengalami salah satu kondisi pasar sebagai berikut:
  1. Permintaan Pasar Yang Berlebihan
Dalam hal ini akan ada permintaan pasar yang melebihi dari kapasitas maksimum yang telah tersedia. Akibat dari situasi ini, maka sebagian konsumen tidak akan terlayani karena kapasitas yang terbatas sehingga perusahaan terancam kehilangan konsumen tersebut.
  1. Permintaan Melampaui Kapasitas
Permintaan dari konsumen yang berlebihan dan melampaui batas maksimal akan ditolak atau tidak dilayani oleh perusahaan karena kondisinya yang penuh dan sesak sehingga konsumen yang tidak dilayani akan berpendapat bahwa perusahaan anda mengalami penurunan kualitas dari jasa yang diperoleh.
  1. Permintaan Yang Seimbang Dengan Kapasitas Optimum
Dengan adanya permintaan yang seimbang sesuai dengan kapasitas optimum yang tersedia merupakan situasi yang ideal bagi anda sebagai pelaku usaha. Karena anda dapat memberikan layanan terbaik pada konsumen tanpa harus mempunyai beban kerja yang berlebihan.
  1. Kapasitas Berlebihan
Adanya permintaan yang melampaui batas dari kapasitas maksimum akan membuat masalah, karena sebagian konsumen potensial tidak dapat dilayani oleh perusahaan. Sehingga konsumen anda tersebut akan mencari layanan jasa serupa yang lainnya atau beralih ke kompetitor, maka kemungkinan besar anda akan kehilangan konsumen potensial anda. Siapa yang disebut sebagai kompetitor? Kompetitor adalah mereka pemberi produk atau layanan jasa serupa yang dapat memenuhi kebutuhan atau memuaskan keinginan dari para konsumen. Sebenarnya tidak ada peluang yang hilang, karena yang ada peluang tersebut terambil oleh pihak kompetitor. Baik kompetitor baru yang masuk dalam ranah pasar bisnis anda, maupun kompetitor lama yang menerapkan strategi-strategi baru untuk dapat menarik minat pasar.