Search

Kiat-Kiat Mengawali Bisnis Travel Dengan Modal Minim

Kiat-Kiat Mengawali Bisnis Travel Dengan Modal Minim

Modal adalah langkah kedua setelah mempunyai niat untuk menjalankan sebuah usaha. Dan salah satu usaha yang dapat memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan adalah usaha atau bisnis tour dan travel. Bisnis travel sudah tidak asing lagi di Indonesia, usaha ini banyak dijumpai di berbagai kota, daerah dan wilayah di Indonesia. Di berbagai kota dan daerah-daerah tersebut, bisnis travel mulai tumbuh subur dan terus berkembang seiring dengan gaya hidup masyarakat yang berubah serta menjadikan perjalanan wisata sebagai hobi baru setelah menjalankan rutinitas sehari-hari.

Jika anda memilih untuk membuka bisnis travel, ini merupakan bisnis yang tepat dan sedang digemari banyak orang. Namun banyak calon pelaku usaha pemula yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini belum mengetahui berapa modal usaha yang diperlukan dalam membuka bisnis travel dari awal hingga sukses. Jika anda mempunyai modal usaha yang kecil, anda tetap dapat menjalankan bisnis travel ini. Bagaimana caranya?

Berikut kiat-kiat mengawali bisnis travel dengan modal usaha yang minim:

  1. Bisnis Travel Berbasis Rumahan

Jenis usaha travel yang satu ini cocok untuk mendatangkan profit yang besar meski dengan modal minim. Era digital terutama untuk era bisnis berbasis internet menjadikan usaha rumahan menjadi hal yang sangat mungkin. Anda dapat mendirikan bisnis travel agen online, konsumen pada jaman sekarang cenderung lebih menyukai segala hal yang dapat di akses melalui internet. Selain lebih praktis, keuntungan dari bisnis travel online ini adalah mudah untuk diakses di mana pun dan kapan pun. Jenis usaha ini mengandalkan jaringan internet yang cepat dan lancar. Seperti bisnis online yang lainnya, tingkat kepercayaan konsumen dapat mudah berubah. Untuk itu anda harus memastikan untuk memberikan pelayanan terbaik.

  1. Bisnis Travel Berupa Paket Wisata/Tour

Jenis travel ini memiliki kesempatan untuk terus berkembang di masa depan. Biaya yang diperlukan pun relatif sedikit, yang terpenting adalah manajemen yang baik dan kreatifitas dalam mengelola bisnis travel. Anda dapat membuat paket wisata atau tour yang berada di daerah anda atau daerah lainnya. Misalnya: Paket wisata heritage ke Candi Borobudur, Candi Prambanan untuk pecinta sejarah. Kemudian merancang paket wisata adventure seperti ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai-Pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul, dan sebagainya.

  1. Bergabung Dalam Perusahaan Travel Yang Membuka Franchise

Dengan cara ini anda dapat membeli hak untuk memakai nama serta konsep dari suatu perusahaan travel. Pilihan ini juga hanya memerlukan modal yang sedikit dibandingkan dengan dua tips diatas. Tapi ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, antara lain: perusahaan travel tersebut sudah terkenal dalam dunia pariwisata dan perjalanan atau jual beli tiket pesawat, tiket kereta api, tiket kapal, tiket bus bahkan juga booking hotel. Dan dalam sistem franchise tersedia administrasi dan prosedur menjalankan bisnis travel tersebut, anda tinggal menjalankannya saja.

Setiap memulai usaha memerlukan keberanian mencoba dan sikap pantang menyerah. Begitu juga dengan bisnis travel ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang berencana membuka usaha travel.