Search

Keuntungan Mudik Dengan Menggunakan Kereta Api

Tradisi mudik atau pulang kampung sudah menjadi moment spesial bagi masyarakat Indonesia. Kemacetan menjadi salah satu masalah besar ketika arus mudik tiba. Sebagian orang yang ingin menghindari macet di jalan raya. Moda transportasi pesawat terbang dan kereta api bisa menjadi pilihan utama. Kemacetan akan membuat anda menjadi cepat lelah, ada baiknya anda memilih moda transportasi yang bebas dari kemacetan. Akan tetapi jika anda takut akan ketinggian, kereta api bisa menjadi solusi terbaik.

Berikut adalah keuntungan jika anda menggunakan kereta api:

  1. Jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat, kereta api jauh lebih murah. Terutama ke rute-rute destinasi wisata atau pun kota-kota besar.
  2. Nyaman. Faktor kenyamanan adalah segala-galanya jika anda merencanakan untuk melakukan sebuah perjalanan. Kereta api sekarang meskipun kelas ekonomi sudah memiliki pendingin udara atau AC. Sehingga perjalanan akan lebih nyaman, dan jangan lupa untuk membawa makanan karena terkadang pada gerbong makan, stok makanan akan cepat habis jika perjalanan di lakukan ketika musim liburan seperti liburan lebaran.
  3. Bagasi Luas. Pulang ke kampung halaman atau mudik lebaran tanpa membawa oleh-oleh rasanya kurang lengkap. Dan kereta api menjadi pilihan yang tepat jika anda membawa banyak barang. Semua barang bawaan anda dapat anda letakkan di bagasi penumpang atau di sekitar ruang tempat duduk anda. Akan tetapi anda harus memperhatikan barang bawaan anda agar tidak tertukar ataupun tidak hilang.
  4. Proses Check In Lebih Mudah. Jika dibandingkan dengan pesawat, proses check in lebih mudah dan lebih cepat. Anda bisa datang ke stasiun kereta api untuk melakukan proses check in maksimal 30 menit sebelum kereta api berangkat. Sebelum masuk ke peron, para petugas akan meminta boarding pass lengkap dengan kartu identitas (KTP, SIM atau Passport). Prosesnya pun cepat, tidak sampai 3 menit.
  5. Tidak Ada Mabuk Perjalanan. Untuk menghindari mabuk perjalanan, kereta api bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika anda merasa pusing atau perut sudah mual, anda bisa menyewa bantal dan memesan teh hangat pada kru kereta api.
  6. Bisa Tidur Puas. Anda bisa tidur selama dalam perjalanan, berbeda ketika anda melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Jika terjadi cuaca yang buruk, anda tidak dapat tidur dengan nyenyak karena merasa takut turbulance. Sedangkan bila anda menggunakan kereta api, waktu tidur anda tidak akan terganggu dengan turbulance dan cuaca buruk. Anda bisa tidur selama berjam-jam hingga sampai tempat tujuan.
  7. Pemandangan Yang Indah. Bagi anda yang tidak suka tidur dalam melakukan perjalanan, anda dapat menikmati pemandangan berupa pegunungan dan persawahan selama dalam perjalanan. Hal tersebut akan membuat pikiran anda segar kembali.

Semoga perjalanan mudik anda dengan menggunakan kereta api cukup menyenangkan. Selamat mudik lebaran dan tetap hati-hati di jalan!