Search

Ketentuan Refund Maskapai

Ketentuan Refund Maskapai





Syarat dan Ketentuan Refund Maskapai


Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan, Pemesanan ganda

Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 72 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Penumpang Bayi

  • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund 100% berlaku untuk tiket ini


Kematian penumpang

Masa Validitas Tiket

    Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yaitu 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

    Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).,

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan / Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Subkelas U: PPN dan airport tax (pajak bandara) akan hangus
  • Subkelas O: PPN akan hangus
  • Subkelas R: airport tax (pajak bandara) akan hangus
  • Subkelas lainnya: penumpang akan mendapat refund penuh (100% dari tarif dasar tiket)
  • Untuk refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Kehamilan

Masa Validitas Tiket

    Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

    Masa validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Kelas Bisnis (Subkelas C,J)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 24 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas D,I,Y)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 24 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas H,S,V)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 72 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas B,K,M)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 24 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 35% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas L)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 72 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas N,Q,T)

    Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 72 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 35% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 2 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.


Sakit

Masa Validitas Tiket

    Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

    Masa validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang sakit:

Penumpang yang sakit berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan rawat inap dari rumah sakit, menyatakan penumpang tidak dapat terbang karena sakit pada tanggal penerbangan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang
  3. Salinan Kartu Keluarga (jika perjalanan dilakukan bersama keluarga)

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan kuitansi pembayaran obat-obatan dari apotek atau rumah sakit
  2. Salinan hasil diagnosa, hasil MRI, hasil CT scan, atau dokumen medis lainnya

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang sakit:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kematian penumpang

Masa Validitas Tiket

    Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

    Masa validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggalSalinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal
  2. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure

Force Majeure (Bencana alam seperti badai, cuaca buruk)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Berdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Pemesanan Ganda

Pemesanan Ganda

Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan
  5. Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan

Rute Internasional

Masa Validitas Tiket

    Peraturan refund tergantung pada masa validitas tiket, yang dihitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I) : 3 bulan dari tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Kelas Bisnis (Subkelas C,D,I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 48 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 20 per penumpang.
    • Antara 48 jam sebelum keberangkatan sampai 0 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 30 per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 5 per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas B,H,K,L,M,N,Q,S,T,V,W,Y)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 48 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 20 per penumpang.
    • Antara 48 jam sebelum keberangkatan sampai 0 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 30 per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan USD 5 per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas E,G,O,U,X)

  • Tiket Dewasa dan Anak-anak tidak dapat di-refund


Rute Domestik

Masa Validitas Tiket

    Peraturan refund tergantung pada masa validitas tiket, yang dihitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I) : 3 bulan dari tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

    Patut diketahui bahwa PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund. Selain itu, jumlah refund untuk Kelas Ekonomi (Subkelas O, U) akan dikenakan potongan dari maskapai, sejumlah maksimal Rp150.000 per penumpang.

Kelas Bisnis (Subkelas C,D,I)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 72 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan IDR 20.000 per penumpang.

Kelas Ekonomi (Subkelas O,U,B,E,G,H,K,L,M,N,Q,S,T,V,W,X,Y)

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 72 jam sampai 48 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 12 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 12 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan IDR 20.000 per penumpang.


Kematian Penumpang

Masa Validitas Tiket

    Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

    Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal
  4. Khusus untuk penerbangan domestik Indonesia, PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund.

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Untuk refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Khusus untuk penerbangan domestik Indonesia, PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Pemesanan ganda

Penumpang berhak mendapatkan refund jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan
  5. Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Khusus untuk penerbangan domestik Indonesia, PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund.

Biaya Refund

Refund akan dikenakan biaya pembatalan dari maskapai sebagai berikut:

  • Untuk refund yang diajukan lebih dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, biaya pembatalan adalah Rp 50.000 per penumpang
  • Untuk refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, biaya pembatalan adalah 90% dari tarif dasar per penumpang
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kebijakan Umum

  • Refund tidak bisa dilakukan jika penumpang sudah meminta perubahan jadwal kepada maskapai namum belum selesai melakukan pembayaran atas perubahan yang diminta.



Alasan Pribadi

Rute Internasional

Seluruh Subkelas Tiket

  • Tiket Dewasa, Anak-anak, dan Bayi tidak dapat di-refund


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Masa Validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yaitu 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
    • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 72 jam sampai 48 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 12 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 12 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Sakit

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang sakit:

Penumpang yang sakit berhak mendapatkan refund jika bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan rawat jalan/inap dari rumah sakit, menyatakan penumpang tidak dapat terbang karena sakit pada tanggal penerbangan
  2. Salinan hasil diagnosa, hasil MRI, hasil CT scan, atau dokumen medis lainnya
  3. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang
  4. Salinan Kartu Keluarga (jika perjalanan dilakukan bersama keluarga)
  5. BIG Shot ID AirAsia penumpang

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang yang sakit)

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang sakit:

Penumpang yang sakit berhak mendapatkan refund jika bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan rawat jalan/inap dari rumah sakit, menyatakan penumpang tidak dapat terbang karena sakit pada tanggal penerbangan
  2. Salinan hasil diagnosa, hasil MRI, hasil CT scan, atau dokumen medis lainnya
  3. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang
  4. Salinan Kartu Keluarga (jika perjalanan dilakukan bersama keluarga)
  5. BIG Shot ID AirAsia penumpang

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang yang sakit)

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Kematian Penumpang

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal
  4. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) orang yang mengajukan refund atas nama penumpang yang meninggal

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal
  4. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) orang yang mengajukan refund atas nama penumpang yang meninggal

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Kehamilan

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang hamil:

Penumpang yang hamil berhak mendapatkan refund jika bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan dokter kandungan dengan kop resmi, menyatakan penumpang yang hamil tidak dapat terbang pada tanggal penerbangan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang hamil
  3. BIG Shot ID AirAsia penumpang

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang yang hamil)

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Jika penumpang hamil:

Penumpang yang hamil berhak mendapatkan refund jika bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan dokter kandungan dengan kop resmi, menyatakan penumpang yang hamil tidak dapat terbang pada tanggal penerbangan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang hamil
  3. BIG Shot ID AirAsia penumpang

Dokumen pendukung lainnya mungkin juga diperlukan, misalnya sebagai berikut:

  1. Salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang yang hamil)

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia.


Force Majeure (Bencana Alam)

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia.


Pemesanan ganda

Rute Internasional

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan

Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.


Rute Domestik Indonesia

Refund untuk AirAsia harus diajukan langsung ke maskapai melalui situs AirAsia. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu kelancaran proses refund Anda.

Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan

Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin diberikan dalam bentuk credit shell yang dapat digunakan untuk membeli tiket di kemudian hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai credit shell, silakan langsung hubungi maskapai.



Alasan Pribdadi, Sakit, Kehamilan

masa validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung. Jika jadwal penerbangan diubah/dibatalkan oleh maskapai, masa validitas tiket adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Selain daripada itu, masa validitas tiket adalah hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi
    • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 72 jam sampai 48 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 12 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 12 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kematian penumpang

Masa Validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung. Jika jadwal penerbangan diubah/dibatalkan oleh maskapai, masa validitas tiket adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Selain daripada itu, masa validitas tiket adalah hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund.

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  • Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  • Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  • Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Pemesanan ganda

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan
  5. Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Sakit, kehamilan, Pemesanan ganda

Masa validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y: 40 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas G, H, K, L: 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N, Q: 10 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas R, T, V: 5 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas X, A, B: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas S, P, W: 2 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas J, U, Z: 1 hari setelah tanggal penerbangan

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 72 jam sampai 48 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 12 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 12 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 100% dari tarif dasar tiket per penumpang.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kematian Penumpang

Masa validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y: 40 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas G, H, K, L: 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N, Q: 10 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas R, T, V: 5 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas X, A, B: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas S, P, W: 2 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas J, U, Z: 1 hari setelah tanggal penerbangan

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Jika penumpang sudah check-in, pajak bandara tidak dikembalikan
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan, Pemensanan Ganda

Masa Validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y, A: 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas B: 2 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas C: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas D, E: 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas F, G, H: 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas I, J, K, L: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N: 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 48 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
    • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiketIDR 50.000 biaya administrasi plus per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 3 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar tiketIDR 50.000 biaya administrasi plus per penumpang.
    • Kurang dari 3 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiketIDR 50.000 biaya administrasi plus per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 100% dari tarif dasar tiket per penumpang.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kematian Penumpang

Masa Validitas Tiket

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y, A: 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas B: 2 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas C: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas D, E: 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas F, G, H: 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas I, J, K, L: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N: 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal
  4. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) orang yang mengajukan refund atas nama penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang), jika penumpang bisa menyediakan fotokopi KTP/paspor.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan

Masa Validitas Tiket

Peraturan refund tergantung pada masa validitas tiket, yang dihitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah:

  • Kelas Promo dan Normal: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Flexi: 6 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Kelas Promo

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 95% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 100% dari harga total per penumpang.

Kelas Ekonomi

  • Penumpang Dewasa dan Anak-anak
    • Sampai 24 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 24 jam sampai 3 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar tiket per penumpang.
    • Antara 3 jam sebelum keberangkatan sampai 0 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Penumpang Bayi
    • Sampai 0 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 100% dari harga total per penumpang.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Kematian Penumpang

Refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubal oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Pemesanan Ganda

Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan
  5. Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.



Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan

Seluruh Subkelas Tiket

  • Tiket Dewasa, Anak-anak, dan Bayi tidak dapat di-refund


Kematian Penumpang

Refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Jika penumpang meninggal:

Tiket penumpang yang meninggal dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan
  2. Salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal
  3. Salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal

Untuk penumpang dalam satu No. Pesanan yang sama dengan penumpang yang meninggal:

  • Kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • Berdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai.
  • Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.


Pemesanan Ganda

Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang) jika penumpang memiliki satu atau lebih tiket dengan rincian yang sama tentang:

  1. Rute
  2. Tanggal penerbangan
  3. Nama penumpang
  4. Subkelas penerbangan
  5. Hal ini harus dibuktikan melalui kode PNR yang tertera pada tiket dari pemesanan lainnya untuk penerbangan tersebut. Jika detail tidak sama, maka aturan refund karena alasan pribadi berlaku.

    Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.