Search

Ketentuan Jatah Kabin Bagasi Maskapai Penerbangan Di Indonesia

Ketentuan Jatah Kabin Bagasi Maskapai Penerbangan Di Indonesia

Bagi anda yang ingin bepergian ke berbagai tempat baik domestik maupun internasional. Anda perlu memperhatikan kabin bagasi pesawat, karena setiap maskapai penerbangan mempunyai peraturan sendiri-sendiri mengenai maksimal berat barang yang bisa anda bawa.

Berikut adalah informasi ketentuan jatah kabin bagasi maskapai penerbangan di Indonesia:

  1. Garuda Indonesia

Penumpang dewasa dan anak kelas bisnis mendapat free bagasi 30 kg, penumpang anak dan dewasa pada kelas ekonomi mendapat free bagasi 20 kg. Sedangkan untuk penumpang bayi kelas bisnis dan ekonomi mendapat jatah bagasi sebesar 10 kg. Untuk di dalam kabin penumpang diizinkan membawa satu tas tangan yang berukuran maksimal 56 cm x 36 cm x 23 cm yang beratnya tidak lebih dari 7 kg. Sebagai tambahan penumpang boleh membawa kotak peralatan kosmetik dan tas laptop kecil.

  1. Lion Air

Untuk penerbangan domestik dan internasional, penumpang kelas ekonomi mendapat free bagasi sebesar 20 kg untuk Lion Air, dan 15 kg untuk Wings Air, dan untuk penumpang kelas bisnis mendapat free bagasi 30 kg. Sedangkan untuk di dalam kabin, penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm dan tidak boleh lebih dari 7 kg. Penerimaan barang bawaan di dalam kabin disesuaikan dengan ketersediaan kabin yang terletak di atas tempat duduk penumpang. Jika tidak ada tempat yang tersisa di kabin, maka barang bawaan akan di simpan di ruang bagasi.

  1. Sriwijaya Air

Bagasi yang bisa penumpang bawa maksimal adalah 20 kg untuk semua rute, kecuali rute Jakarta – Tanjung Pinang – Jakarta seberat 15 kg. Selebihnya dikenakan biaya tambahan.

  1. Citilink

Pada maskapai penerbangan Citilink maksimal berat bagasi untuk penumpang adalah seberat 20 kg. Penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan seberat 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm di dalam kabin Citilink dan berat barang bawaan tidak boleh melebihi 7 kg.

  1. Air Asia Indonesia

Penumpang diizinkan membawa satu barang ke dalam kabin dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat tidak lebih dari 7 kg. Untuk berat barang bawaan penumpang yang diizinkan disimpan di dalam bagasi adalah seberat 15 kg.

  1. Nam Air

Penumpang diperbolehkan membawa membawa bagasi seberat 20 kg dan 5 kg barang bawaan di dalam kabin. Kelebihan bagasi akan dikenai biaya tambahan sesuai dengan kebijakan yang berlaku pada maskapai penerbangan tersebut.

  1. Trigana Air

Berat bagasi yang diperbolehkan di bawa oleh penumpang adalah seberat 20 kg untuk pesawat Boeing 737 dan 10 kg hingga 15 kg untuk ATR72-200. Dan untuk satu ukuran tas yang diperbolehkan dibawa masuk di dalam kabin adalah dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23 cm dengan berat tidak boleh lebih dari 7 kg.

  1. Kalstar

Penumpang diizinkan untuk membawa barang bagasi seberat 10 kg dan barang bawaan kabin seberat 5 kg. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan peraturan maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Ketentuan bagasi di atas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan masing-masing.