Search

Kesalahan Yang Menyebabkan Bisnis Travel Agen Online Mengalami Kegagalan

Kesalahan Yang Menyebabkan Bisnis Travel Agen Online Mengalami Kegagalan

Kegagalan dalam berbisnis merupakan hal yang biasa bagi para pelaku bisnis. Belakangan ini usaha travel agen online banyak dilirik oleh orang sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan. Memang untuk menekuni bisnis tersebut tidaklah sulit, sayangnya masih banyak orang yang kurang begitu mahir dalam menjalankan bisnis ini. Akibatnya, tentu saja usaha bisnis travel agen online mengalami kegagalan dan gulung tikar atau tutup.

Masih banyak travel agen online yang hanya menjual produk berupa tiket pesawat saja. Tapi jangan lupa, bahwa masih banyak produk lainnya yang bisa di jual selain tiket pesawat, anda bisa menjual tiket kereta api secara online, bahkan juga PPOB (sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan, seperti pembayaran tagihan PLN, tagihan telepon, tagihan PDAM, token listrik, pulsa selular dan lain-lain).

Banyak yang terjun ke dalam dunia bisnis travel agen online ini dan sukses, namun tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan. Bagi anda yang ingin tahu apa saja penyebab kegagalan dalam bisnis travel agen online ini, berikut adalah kesalahan yang menyebabkan bisnis travel agen online mengalami kegagalan dan bisa dijadikan pedoman anda dalam mengatasinya jika bisnis yang anda jalankan gagal:

  1. Hanya Fokus Pada Penjualan

Bisnis online berbeda dengan bisnis pada dunia nyata. Saat berjualan online, anda dituntut menjual suatu produk pada orang lain yang bahkan belum pernah anda kenal atau anda temui sekali pun. Karena itu anda tidak perlu langsung menawarkan suatu produk pada konsumen seperti penjualan pada dunia nyata. Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan membangun brand yang dapat dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas.

  1. Hanya Promosi Tanpa Sosialisasi

Sosial media adalah tempat yang tepat untuk bersosialisasi, tempat yang tepat untuk mencari tahu minat pasar, konten-konten yang menarik. Orang yang berada di sosial media bukan hanya untuk mencari sesuatu atau membeli suatu produk. Jadi jangan melakukan promosi secara berlebihan. Gunakan sosial media juga untuk berkomunikasi menjalin tali silaturahmi dengan teman, konsumen dan pelanggan anda. Jika anda melakukan promosi produk yang berlebihan pada sosial media, mereka cenderung akan merasa bosan bahkan dapat menghapus atau memblokir akun sosial media anda.

  1. Salah Target

Salah satu point penting dalam penjualan online adalah menentukan tarket market yang tepat. Target market adalah sasaran penjualan produk anda. Agar tidak terjadi salah sasaran, pastikan dalam berpromosi anda sudah dapat menentukan target market anda. Buatlah target market yang benar-benar spesifik, jika diperlukan lakukan riset kecil-kecilan untuk melihat antusias pasar terhadap produk yang anda jual.

  1. Berhenti Berkomunikasi Dengan Konsumen Setelah Produk Terjual

Tujuan melakukan bisnis adalah bukan dengan membuat orang membeli produk anda kemudian anda berhenti berkomunikasi dengan konsumen anda. Melainkan anda harus bisa membuat mereka dapat membeli produk anda lagi dan lagi. Jika anda hanya berhenti setelah produk anda terjual pada konsumen tanpa melakukan follow up lanjutan, maka bisnis anda tidak akan dapat berkembang dengan baik. Ini bisa menjadi penyebab bisnis travel agen online anda gagal. Karena tidak mempunyai pelanggan tetap. Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah mendapatkan pelanggan tetap sebanyak-banyaknya. Jika anda mempunyai pelanggan tetap anda tidak perlu repot-repot melakukan promosi, karena pelanggan anda sudah pasti akan datang dengan sendirinya dan membeli produk anda lagi dan lagi. Anda bisa bertanya pada pelanggan anda di luar konteks tentang produk yang anda jual. Atau hanya sekedar bertanya tentang kabar saja, dengan begitu pelanggan akan merasa dihargai dan anda semakin akrab dengan pelanggan.

  1. Strategi Promosi Yang Salah

Strategi promosi yang tepat dapat meningkatkan penjualan dan sebaliknya, jika strategi promosi yang anda lakukan salah maka sangat kecil kemungkinan penjualan akan terjadi. Anda dapat menggunakan akun Facebook dan Instagram anda untuk berpromosi, namun jangan terlalu berlebihan dalam melakukan promosi di sosial media. Selipkan beberapa tips atau trik tentang hal lainnya, jangan melulu tentang produk yang anda jual.

Di atas adalah beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis travel agen online. Mungkin masih ada penyebab lainnya, untuk itu anda perlu menganalisa sendiri jika anda mengalami kegagalan dalam bisnis travel agen online.