Search

Kereta Api Premium Rute Cilacap – Yogyakarta Segera Dioperasikan

Kereta Api Premium Rute Cilacap – Yogyakarta Segera Dioperasikan

Travelling di Indonesia semakin menyenangkan. Pemerintah terus berusaha memperbaiki sarana transportasi di segala bidang. Upaya pengembangan fasilitas transportasi publik juga tengah dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dengan segera mengoperasikan Kereta Api Premium dengan rute Cilacap – Yogyakarta PP (Pergi – Pulang).

Warga Cilacap dan sekitarnya yang hendak bepergian ke Yogyakarta tidak perlu lagi repot untuk pergi ke stasiun kota lain jika ingin melakukan perjalanan ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api. PT. KAI Purwokerto telah mengusulkan sejumlah nama untuk kereta api premium tersebut, antara lain Nusakambangan yaitu pulau yang terletak di selatan Cilacap dan Pasir Luhur yang erat dengan sejarah Banyumas. Hingga saat ini pihak PT. KAI DAOP V belum dapat memberikan nama pasti kereta api premium yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini.

Kehadiran kereta api premium rute Cilacap – Yogyakarta PP diharapkan dapat terintegrasi dengan beberapa kereta api baru yang juga akan segera dioperasikan, di antaranya Kereta Api Sancaka Utara rute Yogyakarta – Gambrengan – Pasar Turi Surabaya PP, dan kereta api Joglosemar rute Yogyakarta – Solo – Semarang PP. Rencananya kereta api premium rute Cilacap – Yogyakarta dalam satu hari akan ada empat perjalanan, dan perjalanan pertama akan diberangkatkan dari Cilacap pada pukul 05.15 WIB dan tiba di Yogyakarta pada pukul 08.50 WIB. Dengan pemberhentian di stasiun Maos, Kroya, Kemranjen, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Wonosari, Butuh, Kutoarjo, serta Wates. Pemberangkatan terakhir dari Yogyakarta pada pukul 19.15 WIB dan tiba di Cilacap pada pukul 22.30 WIB.

Kehadiran kereta api premium rute Cilacap – Yogyakarta dapat menjawab harapan masyarakat Cilacap akan kebutuhan transportasi massal berupa kereta api pada rute tersebut yang terhenti sejak beberapa tahun lalu. Rencana peluncuran kereta api rute Cilacap – Yogyakarta dilakukan karena banyaknya permintaan dari masyarakat Cilacap dan sekitarnya. Kereta ini bukan sebagai pengganti Kereta Api Sidamukti yang juga akan dioperasikan dengan rute Cilacap – Solo. Terhitung hingga sekarang Cilacap hanya mempunyai satu kereta api penumpang yaitu Kereta Api Purwojaya rute Cilacap – Purwokerto – Gambir.

Untuk tarifnya sendiri PT. Kereta Api Indonesia akan mematok harga yang cukup kompetitif dan tidak jauh berbeda dengan angkutan umum di jalan raya. Sedangkan untuk operasionalnya direncanakan akan diluncurkan pada tanggal 1 September 2017 mendatang, tetapi karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha maka akan dijadwalkan ulang.

Sebelumnya perjalanan ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api dapat ditempuh dengan menggunakan Kereta Api Logawa dari Cilacap, namun operasionalnya dihentikan pada tahun 2010 lalu karena keterbatasan lokomotif.

Nah, bagi anda yang berniat untuk melakukan perjalanan dari Cilacap menuju Yogyakarta atau sebaliknya tidak perlu bingung lagi. Dalam waktu dekat anda dapat segera menggunakan fasilitas kereta api ini.