Search

Kendala Yang Dihadapi Pelaku Bisnis Dalam Mengembangkan Usahanya

Kendala Yang Dihadapi Pelaku Bisnis Dalam Mengembangkan Usahanya
Pengembangan bisnis merupakan bagian dari perencanaan pemasaran. Untuk itu baik pengusaha besar maupun pengusaha kecil harus mampu membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum mengembangkan usahanya. Dalam perencanaan tersebut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain analisa pasar, tujuan pemasaran, anggaran pemasaran, kontrol terhadap pemasaran dan lain sebagainya. Ada banyak faktor yang menjadi kendala dan hambatan dalam mengembangkan bisnis bagi pemula. Berikut adalah kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis pemula dalam mengembangkan usahanya:
  1. Sumber Daya Manusia
Seorang pelaku bisnis pasti membutuhkan tim kerja untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia untuk membesarkannya. Karena bekerja secara bersama-sama akan lebih ringan dalam mengembangkan bisnis
  1. Pengembangan Produk
Banyak pelaku bisnis yang keliru dalam menentukan bisnis yang akan ditekuninya. Kebanyakan bisnis mengalami kendala bahkan kegagalan karena mereka menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Disarankan agar pelaku bisnis menjual produk yang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan begitu pengembangan produk atau jasa tersebut akan cukup mudah di lakukan.
  1. Memetakan Kompetisi Pasar
Setiap pelaku bisnis wajib melakukan analisis pasar terutama mengawasi para pesaing untuk kemudian merencanakan strategi selanjutnya agar tidak kalah bersaing di pasaran.
  1. Segmentasi Pelanggan
Seperti diketahui, pelanggan adalah raja. Untuk itu seorang pelaku bisnis harus dapat menentukan siapa yang menjadi prioritas atas produk dan jasa yang dijual. Penentuan segmentasi pelanggan ini untuk mengetahui karakteristik pelanggan.
  1. Kebijakan Harga
Hal ini menjadi salah satu faktor yang cukup sulit bagi pelaku bisnis yang baru terjun dalam dunia bisnis. Sebaiknya harga yang telah ditentukan harus dapat berubah dan menyesuaikan dengan kondisi pasar dan perekonomian. Atau melakukan inovasi dengan memberikan harga yang terjangkau.
  1. Siklus Penjualan
Seorang pelaku bisnis juga harus memperhatikan siklus penjualan produknya dan lamanya bertahan suatu produk di pasaran dengan terus melakukan inovasi dan mengeluarkan produk-produk terbarunya.
  1. Perencanaan Modal
Dengan membuat perencanaan modal yang akurat dan cermat untuk terus memutarkan modal untuk mengembangkan bisnis. Karena yang terpenting bagi seorang pelaku bisnis adalah usahanya tetap bertahan dalam persaingan pasar yang semakin ketat dan bisa mengembangkan usahanya.