Search

Kendala Investasi Dalam Memulai Sebuah Bisnis

Kendala Investasi Dalam Memulai Sebuah Bisnis

Bisnis berbasis internet terus bertumbuh di Indonesia dan hal ini tidak dapat dihindari. Salah satu yang menjadi hambatan dalam bisnis digital adalah investasi bisnis. Istilah investasi berkaitan dengan keuangan dan ekonomi, yang disebut juga sebagai penanaman modal. Investasi cukup penting dalam sebuah bisnis, namun untuk memulai investasi tidak semudah yang dibayangkan.

Terdapat beberapa kendala investasi yang perlu diketahui oleh pelaku bisnis dan investor dalam memulai sebuah bisnis, antara lain:

  1. Minimnya Pengalaman

Banyak pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi investor yang handal, apalagi jika sama sekali belum pernah mengalami kegagalan atau kebangkrutan dalam bisnis. Seorang pelaku usaha yang pernah mengalami kegagalan pasti tahu bagaimana cara yang benar agar tidak gagal, dan mereka biasanya mempunyai banyak relasi bisnis. Jika ingin melakukan investasi sendiri tapi belum mempunyai pengalaman, sebaiknya anda mencari pengalaman terlebih dahulu dengan menjadi karyawan pada perusahaan yang bergerak di bidang investasi. Di sana anda akan mendapatkan pengalaman dari hal terkecil. Pengalaman lainnya bisa dicari saat menjalankan bisnis investasi.

  1. Tidak Memiliki Modal Yang Cukup

Modal selalu menjadi masalah utama. Anda bisa mendapatkan modal dari uang hasil jerih payah anda sendiri selama bekerja, atau bisa meminjam teman bahkan keluarga anda. Dengan meminjam pada mereka, anda tidak perlu membayar bunga.

  1. Proses Yang Sulit

Proses investasi memang sulit, ada beberapa proses yang harus dilalui oleh para investor dan pelaku usaha, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Meski harus melewati proses yang lama, namun hasil yang didapatkan tidak akan mengecewakan. Salah satu proses yang sulit adalah perizinan untuk berinvestasi. Banyak dari para pelaku usaha yang terhambat pada proses ini.

  1. Kondisi Pasar yang Kurang Baik

Salah satu hambatan yang mungkin dialami oleh investor dan pelaku usaha adalah hambatan berupa sulitnya pemasaran dan prospek ke depan yang kurang baik. Hal ini ditandai dengan lesunya pasar. Beberapa penyebab hambatan tersebut antara lain:

  • Barang yang dijual kurang digemari di pasaran, dengan kata lain kurang dibutuhkan
  • Perekonomian nasional yang memburuk
  • Pengemasan barang yang kurang menarik bagi para konsumen
  • Pelayanan yang diberikan kurang memuaskan konsumen
  • Harga barang yang terlalu tinggi jika dibandingkan harga barang sejenis dari para kompetitor
  1. Persaingan Yang Tidak Sehat

Hal ini biasanya ditandai dengan desas-desus yang bersifat provokatif dan menyerang salah satu atau lebih dari pelaku usaha. Hal ini dikarenakan tidak mempunyai kemampuan untuk bersaing secara sehat, sehingga pelaku memilih untuk bersaing dengan cara yang curang.