Search

Kenali Modus Penipuan Agen Travel Online

Kenali Modus Penipuan Agen Travel Online

Bagi kamu yang sering bolak-balik ke luar kota atau ke luar negeri, mungkin sudah tak punya kesulitan lagi untuk memilih sebuah agen travel online. Namun, bagi kamu yang baru ingin membeli tiket secara online, entah itu untuk berlibur ke luar kota atau ke luar negeri sendiri maupun beramai-ramai harus berhati-hati dalam memilih agen travel online.

Sekarang banyak sekali kasus penipuan demi penipuan secara online. Bukan hanya barang-barang seperti pakaian, sepatu, atau alat elektronik saja, ternyata dalam penjualan tiket online pun banyak sekali kasus penipuan. Seperti contoh kasus yang menimpa salah satu agen travel di Indonesia pada tahun 2017 silam dengan ratusan jamaah yang sudah tertipu.

Lalu, bagaimana cara kita untuk mengetahui apakah itu penipuan agen travel online atau bukan? Mari kenali ciri-cirinya berikut ini.

  1. Harga yang terlalu murah
    Ini dia salah satu faktor teratas mengapa orang-orang banyak tertipu saat membeli tiket secara online. Pasalnya ini salah satu trik agen travel gadungan untuk memancing mangsanya. Kamu harus lebih teliti apakah harga tersebut masih masuk akal dan seimbang dengan fasilitas yang diberikan. Jika sudah ada ketimpangan dalam hal tersebut kamu mesti menelaahnya lagi. Namun, tidak semua agen penjualan yang menawarkan harga murah adalah seorang penipu. Semua tergantung dalam kebijakan kita dalam memeriksanya.
  2. Menyertakan fasilitas dengan akomodasi rendah
    Seperti yang sudah tertulis di atas kamu harus memastikan fasilitas apa saja yang ditawarkan. Apakah sudah sesuai dengan harganya? Banyak penipuan agen travel online yang memberikan iming-iming fasilitas yang sangat bagus dengan harga yang sangat murah.
  3. Menawarkan tiket pesawat online melalui sms dan telepon
    Jangan membeli tiket pesawat online melalui sms dan telepon. Jika ada sms dan telepon masuk yang menawarkan tiket sebaiknya jangan kamu terima sebelum mengecek ke maskapainya langsung. Kita semua tahu bahwa siapapun bisa menggunakan sms dan telepon. Kamu juga tidak akan mendapatkan bukti pembelian. Sedangkan yang punya bukti pembelian saja masih bisa tertipu apalagi yang tidak ada? Agen travel online terpercaya, meski masih berskala kecil pasti punya website resmi dan tidak semudah itu sistem pembelian tiketnya dengan melalui sms atau telepon.
  4. Metode pembayaran tidak fleksibel
    Pembelian tiket di agen travel online pasti menyediakan pilihan cara pembayaran yang mudah dan transparan alias fleksibel. Kamu bisa mengecek berapa biaya akomodasi untuk fasilitas yang didapatkan. Agen travel yang resmi memiliki kontrak e-commerce dengan pihak bank. Agen travel resmi juga memiliki sistem transfer bank dan juga mempunyai akun virtual dengan nama perusahaan agen travel tersebut dan jumlah nomor rekeningnya berbeda dengan akun bank biasa. Sedangkan agen travel palsu tidak bisa melakukan itu. Jadi, kalian bisa bebas dari penipuan agen travel online.
  5. Akun media sosial
    Pertama-tama, kamu bisa melihat terlebih dahulu followers-nya, apakah sudah setara dengan akun selebgram atau tidak. Tak cukup hanya dengan melihat followers-nya karena lagi-lagi followers bisa dibeli alias palsu. Pergilah berselancar ke komentar-komentar setiap postingannya. Lalu, coba cari tahu berapa lama agen tersebut berdiri untuk mempermudah mengambil kesimpulan.
  6. Testimoni
    Testimoni juga wajib kamu cek secara berkala, ya. Supaya kamu juga tahu apakah itu testimoni asli atau palsu. Dengan mengikuti segala aktivitas sosial medianya seperti story instagram dan setiap postingan. Ini bisa menjadi bahan untuk mengumpulkan bukti-bukti apakah agen tersebut resmi atau agen gadungan. Agar kita terhindar dari penipuan agen travel online.

Nah itulah informasi mengenai penipuan agen travel online yang harus kalian waspadai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian agar terhindar dari segala modus penipuan yang mengatasnamakan agen travel, ya!