Search

Kelemahan Bisnis Online Yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha

Kelemahan Bisnis Online Yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha
Hampir semua usaha memiliki kelebihan dan kelemahan, ini merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindari. Menjalankan bisnis jelas tidak terlepas dari dengan namanya kekurangan atas pekerjaan yang dilakukan. Seperti bisnis online semakin disukai oleh masyarakat, selain karena mudah dan tidak membutuhkan modal banyak, bisnis online juga menjanjikan keuntungan dan peluang yang besar. Bisnis online terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bukan hanya kelebihan yang didapatkan dari bisnis online, tetapi juga mempunyai kelemahan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha. Berikut adalah kelemahan bisnis online yang sering ditemui oleh pelaku bisnis online:
  1. Keraguan Dari Konsumen
Keraguan dari konsumen ini biasanya muncul karena maraknya penipuan dengan mengatas namakan bisnis online. Sehingga banyak konsumen yang curiga dan waspada bahkan ragu untuk membeli produk atau jasa dari bisnis online yang ada. Keraguan yang berkembang tersebut dapat diminimalisasi dengan berbagai cara, di antaranya memberikan informasi yang layak dan nyata serta tidak menimbulkan pertanyaan dan keraguan atas produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu anda juga dapat melakukan pendekatan dengan konsumen baik melalui diskon atau sebagainya agar konsumen dapat mempercayai bisnis yang anda jalankan tersebut.
  1. Biaya Akses Internet Di Indonesia Masih Terbilang Mahal
Di Indonesia biaya untuk akses internet masih tergolong mahal, hal yang cukup berbeda dengan negara-negara yang sudah maju. Di negara-negara lain terutama di negara maju, jaringan internet tersambung hampir di setiap area. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mencari informasi melalui internet. Jaringan internet dan mahalnya biaya untuk akses internet menjadi kelemahan tersendiri bagi para pelaku bisnis online di Indonesia. Namun hal ini dapat diminimalisir dengan membatasi jam dalam menggunakan akses internet.
  1. Tidak Mudah Meyakinkan Diri Sendiri Untuk Mengeluarkan Modal Usaha
Modal menjadi hal penting yang harus dipenuhi untuk setiap usaha yang akan dijalankan. Terkadang memang modal yang dibutuhkan tidak sedikit, hal ini kemudian menjadi pertimbangan bagi para pelaku usaha mengenai jumlah modal yang akan dikeluarkan. Jangan sekali-kali canggung dalam mengeluarkan modal usaha, karena hal yang demikian akan dapat menurunkan mental anda dalam melakukan investasi usaha.
  1. Belajar Bisnis Online Membutuhkan Waktu Yang Lama
Belajar bisnis online bukanlah hal yang mudah, membutuhkan kesabaran dan segala hambatan yang harus dihadapi dalam bisnis. Belajar bisnis tidaklah instan, hal demikian yang membuat bosan para pelaku bisnis online menjadi bosan karena membutuhkan waktu yang lama dan susah.
  1. Awal Memulai Bisnis Online Membutuhkan Waktu Banyak
Memulai bisnis tidak segampang dengan apa yang dipikirkan, terutama bisnis online, harus menanamkan pondasi yang kuat terlebih dahulu agar bisnis yang dijalankan dapat tertata dan berjalan dengan pasti. Untuk itu diperlukan waktu yang relatif lebih lama untuk membentuk pondasi yang lebih kuat dari bisnis online. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu lebih banyak bagi para pelaku usaha yang memilih untuk instan dan tidak sabar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.