Search

Kelebihan Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) Terhadap Bisnis Online

Kelebihan Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) Terhadap Bisnis Online

Dalam digital marketing ada empat metode pemasaran yang populer dan berkaitan satu dengan yang lain. Pemasaran dengan SEM (Search Engine Marketing) seperti google adwords, dan YBN (Yahoo Bing Network), pemasaran melalui sosial media seperti facebook ads, twitter for business, youtube advertising, dan berbagai macam periklanan sosial media, serta beriklan melalui situs-situs populer seperti detik dan kaskus. Pemasaran yang terakhir adalah SEO (Search Engine Optimization).

Manfaat SEO bukan hanya mendatangkan pengunjung ke situs anda secara organic (alami), dengan SEO anda bisa mengenalkan brand pada traget pasar anda. Tahap awal dalam SEO adalah analisa pasar berdasarkan kata kunci (keyword) yang ingin dioptimalkan. Tidak semua kata kunci yang mengantarkan pengunjung pada website anda bisa menghasilkan rate yang bagus, meski dalam kategori bisnis yang sama.

Dalam bisnis online, SEO merupakan bagian penting untuk menciptakan branding awareness. Semakin bisnis online anda dilihat oleh banyak orang, maka akan semakin membantu pemasaran produk dan yang pada akhirnya meningkatkan transaksi penjualan. Di sinilah fungsi SEO memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang sebuah website bisnis online. SEO menjadi teknik untuk meningkatkan popularitas sebuah website. SEO akan bekerja dengan menempatkan website pada mesin pencari seperti google, bing dan sebagainya.

Ada beberapa kelebihan jika menerapkan SEO terhadap bisnis online, antara lain:

  1. Biaya Murah

SEO tidak membutuhkan biaya besar, bahkan bisa gratis jika anda benar-benar mempelajarinya. Sehingga dapat disimpulkan SEO merupakan strategi internet marketing yang murah untuk bisnis online.

  1. Meningkatkan Traffic Website

SEO yang digunakan dengan baik bisa meningkatkan traffic website bisnis online anda hingga ribuan pengunjung setiap harinya. Dengan begitu rating website bisnis online yang anda kelola akan meningkat dan lebih dikenal banyak orang.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Jika website dari bisnis online anda menempati peringkat yang baik di pencarian google, maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang anda jual.

  1. Data Customer

Keuntungan dan kelebihan SEO untuk bisnis online yang terakhir adalah anda dapat mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen. Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, anda dapat mempersiapkan rencana inovasi untuk produk terbaru di kemudian hari.

Dengan mempelajari SEO tentu akan bermanfaat bagi anda, mungkin tidak berminat menjadi ahli SEO, tapi akan sangat berguna dalam menjalankan bisnis.

Semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai bisnis online.