Search

Kelebihan dan Kelemahan E-Business

Kelebihan dan Kelemahan E-Business
E business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama hingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, fleksibilitas, efisiensi dan peningkatan produksi serta dapat memberikan profit yang dapat menguntungkan pelaku bisnis online. Dengan mempraktekkan e business, maka sebagai pelaku bisnis akan dihadapkan pada keunggulan dan kelemahannya dalam menggunakan e business. Beberapa kelebihan e business:
  1. Akses mudah
Agar dapat berhubungan dengan konsumen, pelaku bisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai untuk melakukan transaksi dengan konsumen.
  1. Menghemat waktu
Jika bisnis offline dilakukan di tempat konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk melakukan transaksi dan kerjasama. Maka hal tersebut berbeda dengan e business, segala jenis komunikasi dan transaksi dilakukan secara online di internet.
  1. Lebih tepat sasaran
Bagi para konsumen yang tertarik dengan produk yang anda jual, mereka akan menghubungi anda.
  1. Tidak membutuhkan modal besar
Masih banyak orang yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis harus mempunyai modal yang besar. Akan tetapi tidak semua bisnis di mulai dengan modal yang cukup besar. Karena setiap orang bisa memulai bisnis meskipun dengan modal sedikit, bahkan tidak kurang dari Rp. 3.000.000,- bisnis sudah bisa berjalan. Modal yang paling penting adalah anda mempunyai akses internet dan keberanian untuk menjalankan bisnis online. E business juga memiliki kelemahan yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis online. Beberapa kelemahan berikut mungkin tidak disadari oleh para pelaku bisnis:
  1. Tidak bertemu secara langsung
Salah satu kelemahan dari e business adalah tidak adanya akses untuk bertemu secara langsung antara pelaku bisnis online dan konsumen. Jika ada kesepakatan untuk bertemu secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.
  1. Resiko penipuan lebih tinggi
Karena tidak adanya pertemuan langsung antara pelaku bisnis dan konsumen, maka peluang terjadi penipuan untuk sering terjadi jika pelaku bisnis dan konsumen yang merupakan pemula dalam dunia e business kurang pengetahuannya mengenai seluk beluk bisnis dalam di dunia online.
  1. Pencurian informasi
Jika keamanan dalam bisnis online tidak berjalan dengan baik, pencurian terhadap informasi atau data penting tersebut terjadi. Pihak yang dirugikan adalah pelaku bisnis online yang tentu saja mengalami kerugian besar.
  1. Kehilangan kesempatan bisnis
Kesalahan ini terjadi bukan karena di sengaja dan merupakan kesalahan non teknis, seperti terjadinya seperti aliran listrik yang tiba-tiba padam, gangguan jaringan internet, dan sebagainya.
  1. Kehilangan finansial
Hal tersebut bisa saja terjadi karena sebuah kecurangan. Contohnya: seorang penipu yang mengklaim telah mentransfer uang dengan memberikan sebuah bukti foto sejumlah uang yang telah ditransfer, akan tetapi sebenarnya dalam foto tersebut telah di edit sedemikian rupa sehingga pelaku bisnis mengalami kerugian karena telah mengirimkan produk yang telah dibelli oleh konsumen dengan bukti pembayaran fiktif.
  1. Penggunaan akses oleh orang yang tidak bertanggung jawab (Hacker)
Seseorang yang telah berhasil mengakses atau membobol sebuah sistem keuangan dalam sebuah perusahaan, kemudian setelah itu dia memindahkan jumlah uang dalam rekening perusahaan tersebut ke rekeningnya sendiri.
  1. Kehilangan kepercayaan dari konsumen
Hal ini dikarenakan berbagai macam faktor seperti pelayanan yang kurang memuaskan terhadap konsumen. Untuk dapat mengembalikan kepercayaan konsumen, sebagai pelaku bisnis seperti anda harus dapat meningkatkan kembali pelayanan pada konsumen. Semoga dengan memahami kelebihan dan kelemahan e business dapat menjadi masukkan ketika menjalankan bisnis online.