Search

Kekuatan Visual Instagram Menjadi Daya Tarik Tersendiri Untuk Berpromosi

Kekuatan Visual Instagram Menjadi Daya Tarik Tersendiri Untuk Berpromosi

Instagram atau yang lebih akrab disebut dengan IG adalah media sosial lebih berkonsentrasi pada konten foto dan video. Tidak hanya berperan sebagai media sosial untuk berbagi cerita melalui foto dan video, Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan promosi bisnis. Bahkan instagram sudah meluncurkan layanan bisnis mengikuti media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest yang lebih dulu menyajikan layanan fitur bisnis.

Melalui foto dan video yang anda bagikan di Instagram, akan akan lebih dekat dan dapat berinteraksi lebih dalam dengan konsumen anda. Dengan adanya fitur bisnis, para pengguna Instagram tidak hanya dapat mengunggah foto dan video tentang produk yang dijual, tetapi juga dapat menggunakan Instagram untuk membangun brand, melakukan analisa hingga membuat survey.

Bagi anda para pebisnis online, tentu anda tahu untuk mempromosikan suatu produk di Instagram membutuhkan waktu dan proses agar produk anda dapat dikenal baik oleh konsumen. Agar dapat mengoptimalkan pemasaran Instagram secara optimal, perhatikan beberapa tips dalam berpromosi di Instagram berikut ini:

  1. Pehatikan kualitas foto

Pastikan foto yang akan anda unggah di akun Instagram anda adalah foto yang memiliki kualitas yang bagus. Karena di Instagram kualitas visual menjadi daya tarik bagi konsumen, namun juga perlu diperhatikan kata-kata pengantar di dalamnya yang memuat tentang produk anda.

  1. Update rutin

Lakukan update rutin setiap hari, dengan mengunggah foto terbaru, pengunjung baru atau follower anda menjadi tertarik untuk berkunjung dan melihat produk-produk yang anda tawarkan.

  1. Gunakan hashtag

Gunakan hashtag setiap kali anda mengunggah foto, karena hashtag dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan folllower.

  1. Unggah atau repost foto testimoni dari konsumen

Jika para pemakai produk anda bisa memberikan testimoni positif dengan mengambil foto produk yang anda jual dan mengunggahnya ke Instagram mereka. Anda bisa memanfaatkan testimoni ini dengan repost kembali ke Instagram anda. Biasanya transaksi juga dilakukan melalui aplikasi Whatsapp, Line, Blackberry Messanger (BBM), atau via sms, anda bisa mengambil gambar percakapan tersebut dengan cara screenshot. Hasil screenshot tersebut bisa anda unggah di akun Instagram anda. Dengan begini, konsumen lain akan melihat testimoni tersebut dan akan membuatnya berpikir untuk membeli produk dari anda.

  1. Sediakan contact person atau contact number

Penting untuk menyediakan contact number pada akun Instagram anda, agar konsumen dan pengunjung baru yang tertarik, dapat menghubungi anda.

  1. Pasang foto di akun Instagram yang memiliki banyak follower

Dari pada anda melakukan spam, atau mempromosikan produk anda di kolom komentar Instagram orang. Lebih baik anda bekerja sama dengan pemilik akun Instagram yang sudah banyak memiliki follower. Mungkin akan memerlukan sedikit dana, tapi mungkin juga anda tidak harus membayar, karena dalam beberapa kesempatan anda bisa saling berpromosi.

Jadi tunggu apalagi? Kekuatan visual yang membuat Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Anda bisa mencoba strategi promosi produk anda melalui Instagram. Kehadiran Instagram memberikan peluang untuk mengembangkan promosi bisnis yang bisa anda manfaatkan.