Search

Kegiatan Dalam Internet Marketing Dalam Ruang Lingkup Bisnis Online

Kegiatan Dalam Internet Marketing Dalam Ruang Lingkup Bisnis Online

Salah satu kegiatan yang sedang berkembang pesat beberapa tahun ini di Indonesia adalah internet marketing. Ruang lingkup internet marketing sendiri cukup luas dan mempunyai banyak istilah seperti affiliate, keyword, niche, SEO, Adsense, PPC, PPL, Paypal, SSL dan lain-lain. Beberapa istilah tersebut hanya sebagian kecil yang akan sering anda temukan dalam internet marketing.

Ruang lingkup kegiatan internet marketing yaitu dengan memanfaatkan sarana media online berupa website bisnis, sosial media maupun email marketing. Jika dalam dunia bisnis offline, seorang pelaku usaha yang memasarkan bertanggungjawab dalam pencarian market place, bahkan jika perlu dapat menciptakannya sendiri. Maka dalam bisnis online juga melakukan hal yang sama yang disebut dengan market space.

Kegiatan yang dilakukan dalam internet marketing antara lain:

  1. Melakukan promosi online yang efektif, promosi dalam hal ini bisa dilakukan baik penjualan maupun branding bisnis saja. Dalam proses ini ada tiga hal yang sering dilakukan, yaitu: Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO), dan Advertising.
  2. Rancangan penjualan produk dan jasa dibuat cukup menarik, agar dapat menggiring konsumen untuk membelinya.
  3. Kerja sama dengan pihak ketiga, baik yang memiliki tipe bisnis yang saling mendukung dengan bisnis yang anda kelola, maupun tipe bisnis yang berbeda sama sekali. Tipe bisnis yang sama dapat berarti pengembangan keagenan (bisnis afiliasi atau reseller). Sedangkan partnership adalah bisnis yang berbeda sama sekali namun mengemas penjualan bersama. Misalnya: memberikan harga khusus penjualan tiket pesawat yang digabungkan dengan penjualan kamar hotel.
  4. Strategi pricing, dalam hal ini rancangan program diskon dan penentuan waktu yang tepat juga termasuk di dalamnya.
  5. Segmentasi pasar, fokus pada pasar yang sesuai dan terkait dengan bisnis yang anda jalankan.
  6. Transaksi penjualan barang atau jasa. Mempermudah konsumen dengan memberikan layanan transaksi pembelian dan pembayaran dengan cara yang mudah.

Internet merupakan peluang bagi anda sebagai ladang bisnis dan usaha yang menghasilkan uang. Beragam peluang usaha bertebaran di internet, dari usaha yang dimulai dengan modal gratis hingga usaha yang berbayar. Sebagian orang telah menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Karena usaha dengan modal kecil ini dapat dilakukan di luar jam kerja.

Pesatnya perkembangan internet di Indonesia merupakan peluang usaha tersendiri, tawaran unlimited internet yang ditawarkan oleh provider selular adalah salah satunya. Akses internet gratis yang terdapat di tempat-tempat umum dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online. Peluang usaha kecil yang dijadikan sebagai usaha sampingan ini jika anda tekuni dapat menjadi usaha mandiri yang dapat berkembang besar ke depannya.