Search

Jogja Air Show 2018 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Jogja Air Show 2018 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Landasan Udara Adisucipto dan Dinas Pariwisata Yogyakarta akan menggelar kembali Jogja Air Show pada tanggal 17 – 18 Februari 2018 mendatang dengan mengambil tema “Jogja Air Show Pelangi Nusantara 2018”, pihak penyelenggara akan menyuguhkan atraksi dirgantara yang digadang-gadang akan memecahkan rekor nasional. Kegiatan tahunan ini akan diadakan yang ke 13 kalinya dan berlokasi di kawasan Pantai Parangtritis.

Kegiatan yang akan disuguhkan antara lain; paralayang dan gantole di kawasan Pantai Parangtritsi dan Watu Gupit, Paramotor di kawasan Pantai Parangkusumo, microlite, trike dan terjun payung di Laguna Depok. Sedangkan untuk puncak dari kegiatan Jogja Air Show 2018 ini berlangsung di kawasan air strip Pantai Depok. Dan untuk rincian kegiatannya yaitu; Dynamic Show meliputi Jupiter Aerobatic Team, Dynamic Pegassus, Solo Aerobatic pesawat Pitt 2C, Cross Country Flight Microlight, Cross Country Paramotor, terjun payung dan aeromodeling.

Bahkan ada juga perlombaan paralayang, gantole, aeromodeling, dan fotografi. Sedangkan kegiatan khusus dari acara Jogja Air Show tahun 2018 adalah pemecahan rekor 50 paramotor atau paralayang terbang bersama dan penerbangan chuck glider, selain perlombaan di atas juga akan diadakan pentas seni. Pemecahan rekor tersebut akan diadakan pada tanggal 18 Februari 2018.

Pantai Parangtritis merupakan tempat yang istimewa karena merupakan satu-satunya pantai di Indonesia yang mempunyai tebing menghadap ke barat, sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan olahraga dirgantara. Fasilitas infrastruktur yang ada telah menjadikan kawasan pantai selatan Bantul tersebut sebagai tempat penyelenggaraan olahraga terlengkap di Indonesia.

Panitia Jogja Air Show tahun 2018 ini mengundang 20 RC (remote control) paramotor, dan ini belum ada pada kegiatan Jogja Air Show pada tahun-tahun sebelumnya. Serta akan ada 100 atlet paralayang yang akan terbang dari Watu Bukit menuju Pantai Parangtritis. Untuk gantole, sedikitnya ada 25 atlet dan 6 atlet terjun payung. Untuk microlight, tersedia 17 pesawat, namun kemungkinan pesawat yang akan digunakan hanya 12 unit saja. Jogja Air Show 2018 ini diikuti oleh beberapa daerah dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bali, Bandung, Riau hingga Sabang.

Jogja Air Show merupakan wujud sumbangsih dari Angkatan Udara untuk menunjang pariwisata Indonesia, khususnya Yogyakarta. Pada tahun 2018 ini tidak menggunakan istilah internasional, karena khusus digunakan untuk memberikan peluang pada atlet-atlet olahraga dirgantara Indonesia  untuk ikut memeriahkan dan tampil dalam ajang tahunan ini.