Search

Jenis Peluang Usaha Jasa Pariwisata

Jenis Peluang Usaha Jasa Pariwisata
Bisnis jasa pariwisata merupakan salah satu peluang usaha yang cukup potensial di Indonesia. Keindahan alam Indonesia yang luar biasa disertai dengan keragaman budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pariwisata adalah salah satu sektor unggulan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi salah satu faktor penggerak ekonomi di Indonesia. Dari tahun ke tahun minat wisatawan untuk berlibur ke daerah-daerah yang ada di Indonesia terus meningkat, hal tersebut terlihat dari adanya pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan seperti pembangunan bandara. Ada banyak jenis peluang usaha jasa pariwisata yang bisa anda jalankan. Antara lain:
  1. Bisnis Jasa Tiket Online
Merupakan bisnis penjualan tiket secara online, dapat berupa tiket pesawat, tiket kereta api, booking hotel hingga pembayaran online atau yang biasa dikenal dengan PPOB. Penjualan tiket dilakukan secara praktis bagi konsumen yang membutuhkan tiket perjalanan ke berbagai destinasi. Untuk membuka bisnis tiket online ini, anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak, dan tidak perlu menyewa tempat usaha. Anda dapat melakukan kerjasama sebagai mitra usaha pada perusahaan travel yang membuka kemitraan untuk menjadi travel agen.
  1. Bisnis Penginapan Atau Homestay
Menyediakan jasa penyewaan tempat tinggal untuk para wisatawan yang berkunjung, tempat yang disediakan tidak harus mewah seperti hotel. Selama tempat penginapan tersebut menyediakan tempat yang nyaman untuk ditinggali dan dengan harga terjangkau, maka dapat dipastikan banyak wisatawan yang memesan tempat tersebut.
  1. Bisnis Kuliner
Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah wisata atau tempat tertentu, akan mencicipi kuliner khas yang menjadi kebanggaan daerah tersebut. Awalnya, kuliner merupakan sebagai pelengkap dalam melakukan agenda wisata. Tapi sekarang menjadi salah satu daya tarik wisata di suatu daerah untuk mencicipi makanan khasnya yang dikenal dengan nama wisata kuliner.
  1. Bisnis Rental Kendaraan
Bisnis sewa kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat sudah menjamur dan banyak terdapat diberbagai daerah. Terutama daerah yang mempunyai potensi wisata. Bisnis penyewaan kendaraan menjadi peluang tersendiri, karena banyak wisatawan yang mencari kendaraan untuk disewa sebagai sarana dalam menjelajahi daerah yang dikunjunginya tersebut.
  1. Bisnis Jasa Tour Guide
Komunikasi adalah salah satu cara para wisatawan untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Di sini peran penerjemah atau tour guide sangat dibutuhkan untuk menjadi perantara antara wisatawan dan penduduk lokal. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi anda terutama yang mahir dan menguasai beberapa bahasa asing. Salah satunya adalah Bahasa Inggris. Anda bisa bekerjasama dengan penyedia jasa tour dan travel untuk menjalankan usaha ini.
  1. Bisnis Penyewaan Perlengkapan Wisata
Perlengkapan yang biasanya disewakan adalah perlengkapan menyelam atau snorkeling, perlengkapan camping atau mendaki gunung. Biasanya pada saat musim liburan, perlengkapan tersebut banyak disewa untuk menunjang aktivitas wisata alam.