Search

Jenis-Jenis Kereta Api Di Indonesia

Jenis-Jenis Kereta Api Di Indonesia
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak dan mempunyai jalan jalur tersendiri yang bergerak di atas rel. Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal jenis kereta api penumpang yang memang banyak melintas di perlintasan kereta api. Karena sebagai angkutan massal, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi baik dalam kota, antar kota, antar provinsi bahkan antar negara. Ada berbagai macam jenis kereta api yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya sebagai berikut:
  1. Kereta Api Uap
Kereta api uap adalah kereta api yang digerakkan dengan tenaga uap air dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara atau pun minyak. Tenaganya dihasilkan dari air yang dihasilkan dari pembakaran tersebut.
  1. Kereta Api Diesel
Kereta api diesel digerakkan dengan lokomotif yang bermesin diesel dan berbahan bakar solar. Kereta api jenis ini banyak dipakai di Indonesia.
  1. Kereta Api Rel Listrik
Kereta api yang digerakkan dengan tenaga dari motor listrik, kereta ini jenis ini biasanya ditambah dengan perangkat tambahan di atas gerbong yang selalu menempel pada jaringan kawat yang bermuatan listrik di atas sepanjang rel kereta api.
  1. Kereta Api Barang
Kereta api jenis ini di fungsikan untuk mengangkut barang seperti kargo, semen, pupuk, batubara, minyak, kayu, peti kemas, dan lain-lain.
  1. Kereta Api Wisata
Kereta api ini adalah layanan khusus bagi para penumpang yang ingin melintasi wilayah-wilayah jalur kereta api dengan pemandangan dan budayanya yang menarik dan dapat berlangsung selama berhari-hari.
  1. Kereta Api Rail One
Kereta api jenis ini adalah kereta api yang biasa digunakan oleh presiden dan pejabat pemerintahan yang akan melakukan inspeksi ke daerah-daerah tertentu dan hanya terdiri dari dua gerbong kereta api.
  1. Kereta Inspeksi
Kereta api ini hanya terdiri dari satu gerbong saja dan menyatu dengan lokomatifnya. Dipakai oleh pejabat PT. Kereta Api Indonesia yang akan melakukan inspeksi ke stasiun tertentu sebagai pembuka jalan ketika Kereta Api rail One akan melintas.