Search

Jangan Panik Jika Anda Ketinggalan Pesawat

Jangan Panik Jika Anda Ketinggalan Pesawat
Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan adalah jika anda ketinggalan untuk naik pesawat terbang. Hal tersebut merupakan sebuah insiden yang tidak jarang dialami oleh calon penumpang. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan anda ketinggalan pesawat terbang. Jika sudah terjadi, mimpi buruk ketinggalan pesawat tidak dapat dihindari. Tapi jangan panik, putus asa dan khawatir. Berikut adalah hal-hal yang bisa anda lakukan ketika ketinggalan pesawat, apakah bisa di refund atau harus beli tiket pesawat lagi? Apa yang sebaiknya anda lakukan?
  1. Bersikap Tenang
Tidak ada seorang pun yang mau mengalami kejadian ketinggalan pesawat. Apalagi anda sudah merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya atau anda mempunyai keperluan mendadak dan tidak bisa ditunda. Rasa panik, sedih dan bingung pasti datang, tapi ketinggalan pesawat terbang bukan akhir dari segalanya. Anda harus tetap bersikap tenang sebisa mungkin agar bisa berpikir dengan baik tentang apa yang harus anda lakukan selanjutnya.
  1. Cek Tiket Pesawat
Jika anda membeli tiket pesawat dengan harga normal, masih ada kemungkinan tiket pesawat masih berlaku sesuai kebijakan masing-masing maskapai penerbangan. Entah itu dialihkan ke penerbangan selanjutnya dengan biaya tertentu atau bisa refund dengan potongan harga tertentu. Namun jika anda membelinya dengan harga promo, maka tiket pesawat tersebut secara otomatis akan hangus.
  1. Hubungi Call Center Maskapai Penerbangan
Hubungi call center maskapai penerbangan yang anda gunakan jasa penerbangannya, tanyakan apakah tiket penerbangan anda bisa digunakan pada penerbangan berikutnya bisa refund atau malah hangus. Customer Service dari maskapai penerbangan tersebut kemudian akan memberikan panduan pada anda mengenai tindakan selanjutnya untuk menyelamatkan tiket pesawat anda dan terbang pada hari yang sama. Perlu diingat, tidak semua maskapai penerbangan memiliki counter di bandara. Untuk berjaga-jaga simpanlah nomor telepon call center dari maskapai penerbangan yang anda gunakan, sehingga jika terjadi hal-hal darurat seperti ketinggalan pesawat, anda dapat meneleponnya dan meminta panduan dari customer service.
  1. Gunakan Jasa Travel Agen Online
Jika Customer Service dari maskapai penerbangan tersebut menyatakan tiket tersebut hangus dan tidak bisa refund. Maka satu-satunya cara yaitu dengan membeli lagi tiket pesawat agar bisa terbang di hari yang sama. Untuk dapat menghemat waktu, anda dapat membeli tiket secara online melalui travel agen online. Anda bisa mengurangi kemungkinan mengalami tragedi ketinggalan pesawat jika anda memperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan anda ketinggalan pesawat. Untuk itu anda harus lebih teliti dengan melihat informasi yang tertera di dalam tiket pesawat anda, termasuk jam keberangkatan dan batas waktu check in dari maskapai penerbangan.