Search

Istilah-Istilah Dalam SEO Yang Sering Muncul

Istilah-Istilah Dalam SEO Yang Sering Muncul

Seiring perkembangan zaman, bisnis online kian digemari oleh masyarakat. Beragam cara dilakukan agar dapat menarik banyak pengunjung. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Bagi pelaku bisnis online, hal ini tidak dapat diabaikan, karena SEO (Search Engine Optimization) adalah taktik pemasaran yang penting untuk mempromosikan kesadaran merek dan mengenalkan bisnis yang dijalankan. Karena tujuan dari SEO (Search Engine Optimization) adalah meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencari (search engine). SEO dianggap sebagai subyek yang melakukan optimasi di mesin pencari.

SEO (Search Engine Optimization) dapat dikatakan berhasil jika memiliki peringkat yang baik pada hasil mesin pencari (search engine result) untuk hasil pencarian organik. Jika kita mengetikan sebuah kata kunci pencarian, maka mesin pencari seperti google atau yahoo akan menampilkan daftar website yang dianggap relevan atau sesuai dengan kata kunci pencarian.

Selain mengetahui tentang apa itu SEO, sebagai pelaku usaha online anda juga harus mengenal istilah-istilah umum dalam SEO (Search Engine Optimization) yang sering muncul, antara lain:

  1. Keyword Research

Merupakan suatu proses untuk menemukan kata kunci yang potensial dan biasa digunakan oleh pengunjung dalam mencari sebuah informasi atau produk yang akan dibelinya. Biasanya kata kunci yang ingin didapatkan oleh pelaku usaha yang mempunyai blog / website adalah kata-kata yang mempunyai volume pencarian tinggi.

  1. On Page Optimization

Yaitu optimasi yang dilakukan pada halaman website anda. On Page Optimization berkaitan dengan judul konten, optimisasi gambar pada website, heading, struktur URL website, dan faktor-faktor lain yang berasal dari website tersebut.

  1. Off Page Optimization

Merupakan optimasi yang dilakukan diluar halaman website yang anda miliki. Dapat dikatakan sebagai faktor eksternal SEO. Optimasi ini berkaitan dengan backlink dan social media sharing.

  1. White Hat SEO

Menerapkan teknik SEO sesuai dengan etika dan legal. Mesin pencari selalu menyukai penerapan teknik SEO ini. Kebanyakan website yang menerapkan White Hat SEO memiliki peringkat yang stabil.

  1. Black Hat SEO

Menggunakan cara-cara yang curang untuk meningkatkan peringkat dalam waktu cepat. Namun biasanya tidak akan bertahan lama.

  1. Backlink

Adalah link dari website atau blog lain yang mengarah ke website milik anda. Salah satu faktor yang digunakan mesin pencari untuk menaikkan peringkat dari sebuah website.

  1. Google Panda

Adalah salah satu pembaruan alogaritma mesin pencari milik Google. Pembaruan ini dimaksudkan untuk membasmi website-website yang berkualitas rendah agar tidak muncul di hasil pencarian Google.

  1. HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)

Menandakan bahwa semua pengiriman dan penerimaan informasi dienskripsi dan diamankan. Bila ada artikel yang mirip dan ditemukan oleh mesin pencari, maka website yang menggunakan https lah yang diutamakan oleh mesin pencari.

  1. Organic Search Results

Merupakan hasil pencarian gratis atau tanpa iklan dalam halaman pencarian.