Search

International Tour De Banyuwangi-Ijen 2017 Segera Hadir

International Tour De Banyuwangi-Ijen 2017 Segera Hadir

Gunung Ijen atau biasa yang disebut dengan Kawah Ijen adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang yang memiliki ketinggian 2.443 m di atas permukaan laut dan telah empat kali meletus pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang di mana mengindikasikan jika gunung berapi ini masih aktif. Gunung Ijen terkenal dengan Blue Flame atau api biru hingga ke mancanegara. Ijen merupakan salah satu dari dua lokasi yang mempunyai api biru di dunia selain di Selandia Baru. Pesona Kawah Ijen telah mendunia.

Banyuwangi yang terletak di bagian paling ujung timur Pulau Jawa akan kembali menggelar acara balap sepeda tahunan yang cukup menarik, yaitu: The International Tour De Banyuwangi-Ijen 2017 yang akan diselenggarakan dari tanggal 27 – 30 September 2017 dengan menggabungkan olahraga balap sepeda dan wisata alam yang menarik. The International Tour De Banyuwangi-Ijen 2017 mengadopsi dari Tour De France. Memasuki edisi ke enam pada tahun 2017 ini, lomba balap sepeda tersebut akan membawa para peserta tour untuk bersaing sembari menikmati keindahan di sekitar lereng Gunung Ijen yang megah.

Selain memberikan tantangan bagi para pengendara sepeda, berbagai tahapan lomba yang menarik akan diadakan di Kabupaten Banyuwangi, di Pulau Merah dan Kawasan Agro Kalibendo, ada 4 tahap selama 4 hari kompetisi. Lomba balap dikelompokkan menjadi: Klasifikasi Perorangan Umum (Yellow Jersey), Sprint (Green Jersey), Best Indonesia Rider (White Jersey), dan King of Mountain (Red Jersey).

Sport tourism menjadikan olahraga sebagai salah satu pintu pembuka pariwisata. Konsep sport tourism ini oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi digunakan sebagai penarik wisatawan domestik dan luar negeri untuk mengunjungi wilayah Banyuwangi dengan mengadakan event olahraga International Tour De Banyuwangi-Ijen 2017. Sesuai dengan sport tourism, rute yang akan dilalui oleh pembalap sepeda, akan melintasi berbagai destinasi wisata andalan Banyuwangi, seperti wisata pantai, perkebunan, city tour, hingga melintasi kaki Gunung Ijen. Di Pantai Pulau Merah setelah menyelesaikan etape pertama, akan dilakukan upacara pelepasan tukik (anak penyu).

Dikelilingi dengan perkebunan kopi yang rimbun dan mengelilingi gunung berapi nan indah dan udara yang sejuk, menjadikan lomba balap sepeda tidak akan terasa melelahkan. Namun setiap pengendara sepeda harus mempelajari medan yang akan dilaluinya. Medan yang terjal dan asap belerang di lereng Gunung Ijen tetap menjadi tantangan tersendiri.