Search

Inilah Yang Harus Anda Lakukan Agar Pelanggan Tetap Setia Pada Anda

Inilah Yang Harus Anda Lakukan Agar Pelanggan Tetap Setia Pada Anda
Konsumen adalah uang, dan konsumen yang menjadi pelanggan adalah aset yang perlu dijaga dengan baik. Pelanggan adalah kunci yang membuat usaha anda tetap berjalan dan memberikan keuntungan. Mencari pelanggan tentu saja bukan perkara mudah, apalagi mempertahankan agar terus loyal terhadap produk yang ditawarkan. Untuk menarik pelanggan agar tetap setia, anda perlu menyediakan produk barang dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang selalu berubah-ubah. Pelanggan akan bertahan lama jika produk tersebut mampu berinovasi artinya membuat improvisasi sehingga tampilan produknya menjadi lebih dinamis. Sebab jika pemilik usaha hanya mengandalkan produk dengan tampilan yang biasa-biasa saja, maka impian untuk mendapatkan pelanggan yang setia akan hilang dengan sendirinya. Contohnya yaitu membuat diskon atau promo produk pada moment tertentu dengan harga yang lebih murah, hal tersebut tentu akan menarik konsumen baru atau pun pelanggan anda untuk membelinya. Ada beberapa cara yang perlu anda ketahui agar pelanggan tetap setia pada anda:
  1. Siapkan tempat saran dan masukan
Salah satu sifat pelanggan adalah ingin diperhatikan. Dan salah satu bentuk perhatian yang bisa anda berikan adalah dengan membuat tempat khusus untuk pelanggan berupa kotak suara. Yaitu untuk menerima keluhan dan masukan dari pelanggan. Bukan hanya menerima keluhan dan masukan saja tapi juga melakukan tindakan selanjutnya dari keluhan tersebut untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.
  1. Follow up setelah membeli
Ucapan terima kasih dapat dilakukan setelah pelanggan membeli produk yang anda jual, dengan tujuan agar pelanggan merasa dihargai karena masih mengingatnya. Anda bisa membuat buku tamu yang berisi alamat dan nomor telepon pelanggan sebagai data untuk follow up.
  1. Selalu ramah pada pelanggan
Ramah pada konsumen dan pelanggan, ajak serta untuk lebih aktif di Sosial Media, tujuannya untuk menunjukkan eksistensi anda yang tetap hadir dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan serta memperluas pemasaran agar lebih banyak orang yang mengenal tentang bisnis anda dan produk yang anda jual.
  1. Mengajak pelanggan untuk membuat tertimoni
Testimoni dari pelanggan bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk yang anda tawarkan dan kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk dari bisnis anda serta menarik konsumen baru untuk membeli produk tersebut.
  1. Berikan garansi
Garansi adalah jaminan atau kepastian bahwa barang atau jasa anda mempunyai kualitas yang bagus.
  1. Berikan diskon
Memberikan potongan harga merupakan salah satu cara untuk dapat menarik perhatian pelanggan. Harga yang murah akan membuat pelanggan berusaha mendapatkan produk atau jasa tersebut.
  1. Berani tampil beda
Memberikan sesuatu yang tidak diberikan oleh kompetitor atau pesaing anda pada pelanggan. Seperti memberikan bonus ketika pelanggan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan pada harga tertentu. Jika anda rajin dalam melakukan hal-hal di atas, maka pelanggan tentu akan selalu kembali lagi membeli produk dan jasa anda secara terus-menerus.