Search

Ini Dia Mekanisme Lengkap Cara Pembatalan Tiket Pesawat

Ini Dia Mekanisme Lengkap Cara Pembatalan Tiket Pesawat

Kamu pasti pernah mengalami gagal berangkat naik pesawat padahal sudah membeli tiket pesawat dengan tujuan yang sangat kamu inginkan.

Nah, kendala seperti itu pasti sering sekali muncul, entah itu karena harus mendadak pergi ke kantor cabang atau bahkan hanya karena sakit. Dengan begitu, akan sangat disayangkan apabila tiket yang kamu miliki tidak terpakai dan hangus begitu saja. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah bisa mengajukan refund ke maskapai yang akan kamu gunakan untuk membatalkan penerbangan.

Pembatalannya tidak bisa dilakukan di bandara tempat kamu akan terbang loh, kamu harus menghubungi call center maupun melalui kantor perwakilan maskapai masing-masing.

Lalu bagaimana cara pembatalan tiket pesawat? Jika kamu menggunakan metode online atau aplikasi, maka pembatalan tiket pesawat tersebut bisa dilakukan melalui pihak customer service masing-masing.

Ketentuan Refund atau Pembatalan Tiket Pesawat
Adapun ketentuan refund dan pembatalan tiket pesawat salah satunya adalah uang yang telah kamu bayar tidak akan kembali 100% dari harga tiket sebelumnya karena akan dipotong beberapa biaya dari maskapai. Namun, kamu bisa mendapatkan kembali uang 100% jika pembatalan tersebut dilakukan oleh pihak maskapai yang bersangkutan. Sebagai informasi, proses refund ini bisa memakan waktu sangat lama, mungkin bisa sampai 1 bulan.

Mengenai cara pembatalan tiket pesawat biasanya setiap maskapai memiliki aturan tersendiri tentang refund, tergantung berapa jam dari pembatalan dengan waktu keberangkatan. Ada baiknya pembatalan dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan jika kurang dari 48 jam kemungkinan tiket akan dinyatakan hangus!

Proses refund juga dipengaruhi oleh kelas tiket yang kamu miliki. Jika yang dimiliki adalah kelas bisnis, maka itu akan sangat mudah untuk mengurusnya dan untuk kelas ekonomi akan lebih rumit lagi biasanya.
Cara pembatalan tiket pesawat dan meminta refund adalah hak penumpang yang juga diatur dalam Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan Undang-Undang No. 25 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan angkutan udara, serta Peraturan Menteri Perhubungan No.77 Tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut angkutan udara.
Setiap maskapai memiliki ketentuan pembatalan tiket pesawat masing-masing. Jadi, pastikan kamu mengetahui aturan-aturan penerbangan agar jika tidak jadi berangkat kamu bisa mendapatkan refund walau lebih rendah dari harga kamu membeli tiketnya di awal.

Berikut salah satu contoh ketentuan refund dari maskapai penerbangan Citilink untuk cara pembatalan tiket pesawat.

Pengembalian lebih dari 72 jam
72 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 75 persen dari tarif dasar.

Pengembalian kurang dari 72 jam
72 jam sampai 48 jam merupakan cara pembatalan tiket pesawat yang dilakukan oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 50 persen dari tarif dasar.

Pengembalian kurang dari 48 jam
48 jam sampai dengan 24 jam pembatalan oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 40% dari tarif dasar.

Pengembalian kurang dari 24 Jam
24 jam sampai dengan 12 jam merupakan cara pembatalan tiket pesawat oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 30 persen dari tarif dasar.

Pengembalian kurang dari 12 Jam
12 jam sampai dengan 4 jam pembatalan oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 20 persen dari tarif dasar.

Pengembalian kurang dari 4 Jam
Cara pembatalan tiket pesawat 4 jam kebawah oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 10 persen dari tarif dasar.

Untuk kondisi mendesak
Untuk kondisi darurat penumpang mendapatkan pengembalian 90 persen dari tarif dasar.

Jadi, sebelum membeli tiket pastikan tiket tersebut tertera refundable, yang berarti tiket tersebut dapat di refund. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah saat cara pembatalan tiket pesawat tersebut telah kamu lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.