Search

Hotel-Hotel Paling Ramah Lingkungan di Indonesia

Hotel-Hotel Paling Ramah Lingkungan di Indonesia

Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang luar biasa. Hal itulah yang mendasari beberapa hotel menggunakan konsep alam yang ramah lingkungan. Di Indonesia, ada beberapa hotel paling ramah lingkungan.

Di mana saja? Berikut ini hotel-hotel paling ramah lingkungan di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

  1. Alila Villas Uluwatu, Bali
    Hotel ini merupakan hotel pertama di Indonesia yang menyandang sertifikat dari Green Globe di kategori Enviromentally Sustainable Design.
    Alila Villas Uluwatu bersama hotel jaringan Alila lainnya telah menerapkan konsep Alila Zero Waste to Landfill. Dengan ini, Alila berusaha semaksimal mungkin mengolah limbah sehingga tidak merusak lingkungan. Limbah organik dari hotel ini digunakan sebagai pupuk di kebun milik Alila dan hasil kebun seperti sayur dan buah dijadikan bahan makanan di setiap hotelnya.
    Secara desain, bangunan di Alila Villas Uluwatu dirancang dengan konsep modern yang mengutamakan kelancaran sirkulasi udara dan cahaya untuk menghemat penggunaan tenaga listrik. Kamu bisa coba memesan kamar dengan kolam renang pribadi, nikmatilah pemandangan dengan perairan luas dan desir angin pantai yang sejuk.
  2. Hyatt Regency, Jogja
    Hotel ini menawarkan kemewahan kelas atas, dan panorama alam yang mengagumkan. Juga memiliki lahan golf sendiri. Areanya yang luas akan membuatmu tidak bosan bermain dan berkeliling di area hotel.
    Hotel ini dikelilingi pepohonan, sungai buatan serta rerumputan hijau sehingga membuat suasana menjadi sangat sejuk. Hal ini menjadikan hotel Hyatt Regency meraih peringkat pertama dalam penghargaan Green Hotel Award 2017 oleh Kementerian Pariwisata.
  3. Kamojang Green Hotel Garut
    Kamojang Green Hotel Garut merupakan hotel paling ramah lingkungan yang dikenal sebagai Ubud-nya Jawa Barat. Di sini, kamu bisa menginap di cottage yang berada di tengah danau dengan latar pegunungan. Bangunan di sini dibuat dengan material kayu yang dipoles cantik sehingga tampak elegan sekaligus hangat saat malam dan sejuk saat siang.
    Kamu juga bisa menikmati hidangan khas dari Kamojang Green Hotel Garut yang dibuat dari bahan ikan dengan bumbu lezat khas Jawa Barat. Saat bersantap, kamu bisa memanjakan mata melihat pemandangan pesawahan dan pegunungan sehingga membuat makanmu lebih berkesan.
  4. Bali Eco Resort and Retreat Centre
    Di hotel ini kamu bisa merasakan menginap di lingkungan tropis, sekaligus menjelajahi wisata alam Ubud yang mengagumkan. Area ini juga memiliki trek alami di sepanjang Sungai Petanu sehingga kamu bisa asyik jalan kaki sambil menikmati suara air mengalir di sungai.
    Konsep hotel paling ramah lingkungan ini cocok dijadikan destinasi wisata bagi kamu yang ingin beristirahat dari kesibukan kota. Kamu bisa menikmati sensasi kehidupan alam yang masih segar dan asri.
  5. Alila, Solo
    Alila Solo memiliki Bangunan modern yang berada di tengah kota dan menerapkan konsep ramah lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh Alila Solo, yaitu merancang konstruksi bangunan agar tetap sejuk tanpa menggunakan AC berlebih. Sistem pencahayaan seluruh bagian hotel juga tak semata mengandalkan tenaga listrik.
    Hotel ini juga memberlakukan Sewage Treatment Plant yang merupakan pengolahan limbah air dengan maksimal. Limbah air diolah dan dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman, jadi tidak dibiarkan mengalir ke saluran pembuangan air kota begitu saja.
    Meski berada di tengah kota, bukan berarti kamu tak menemukan pemandangan menarik dari Alila Solo. Saat senja, kamu akan menemukan pemandangan kota Solo dari ketinggian rooftop di lantai 29.

Itulah hotel-hotel paling ramah lingkungan di Indonesia. Selain memberikan kesan dan pengalaman menginap yang berbeda, hotel ramah lingkungan juga bisa membuat kamu lebih dekat dengan alam.