Search

Fungsi Blog Bagi Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online diperlukan komitmen dan kerja keras untuk dapat tetap bertahan di era digital seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis online adalah dengan melalui website, media sosial atau dengan membuat blog. Blog merupakan sebuah aplikasi web yang berisi berbagai tulisan atau konten berupa artikel tentang informasi maupun produk dari sebuah usaha yang dijalankan. Situs web ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan tujuan informasi yang dicari oleh pengunjung.

Blog adalah salah satu dari sekian banyak media sosial seperti fungsi media sosial lainnya, blog sebagai tempat untuk memberikan informasi seputar bisnis, baik secara langsung maupun tidak.

Berikut fungsi blog bagi bisnis online:

  1. Promosi Produk

Anda bisa menggunakan web untuk memberikan informasi melalui halaman web. Blog dapat digunakan sebagai media promosi mengenai produk atau layanan jasa dari bisnis yang anda jalankan yang diharapkan dapat membawa pengunjung ke level selanjutnya yaitu transaksi pembelian.

  1. Detail Produk

Menunjukkan latar belakang produk dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis yang ditawarkan sangat penting. Dengan blog anda dapat mengulas berbagai macam hal yang tidak dapat diulas melalui website.

  1. Mengupdate Informasi

Ada kalanya anda harus mengupdate jenis produk, bentuk layanan seiring perjalanan waktu. Informasi mengenai update sangat diperlukan untuk memberikan pengertian dan informasi awal pada konsumen mengenai bisnis yang anda jalankan tersebut. Ini merupakan tanggung jawab bisnis anda terhadap konsumen. Perubahan atau update tanpa pemberitahuan sebelumnya dapat melukai perasaan konsumen. Pengunjung atau konsumen yang tertarik dengan pembaharuan informasi mengenai produk anda dapat berlangganan, sehingga anda bisa mengikat konsumen lebih erat.

  1. Memberikan Kontribusi

Blog merupakan sarana penyebaran informasi dan pembelajaran yang efektif di dunia online. Untuk itu buat artikel-artikel yang menarik dan bermanfaat baik yang terkait dengan bisnis ataupun informasi menarik lainnya yang sedang hangat terjadi di dunia. Namun hindari mengisi blog dengan hal yang tidak berhubungan dengan bisnis anda. Misalnya, jika bisnis yang anda kelola di bidang kulliner, akan tidak elegan jika anda kemudian membahas seputar dunia pendidikan, kecuali pembahasan yang dilakukan terkait dengan pendidikan di bidang kuliner.

  1. Expertise

Dengan fokus pada satu tema dalam blog milik anda, hal tersebut menunjukkan kedalaman pengetahuan dan keahlian dalam menangani suatu masalah. Misal, bisnis yang anda kelola bergerak di bidang kuliner, alangkah baiknya jika anda membagikan tips bagaimana cara mengemas makanan agar menarik namun tetap higienis.

  1. Meningkatkan Traffic Dan Visibilitas Web

Dengan memiliki blog, secara otomatis kesempatan mendapat traffic pun sama besarnya. Konten blog juga bisa meningkatkan kualitas, visibilitas, dan popularitas web serta brand yang anda usung.