Search

Festival Payung Internasional Kembali Hadir Tanggal 15 – 17 September 2017

Festival Payung Internasional Kembali Hadir Tanggal 15 – 17 September 2017

Sejak pertama kali Festival Payung Internasional (FPI) pertama kali diadakan di Solo mempunyai dampak positif yang meluas ke masyarakat Solo dan daerah-daerah yang ada di Indonesia. Terutama terhadap pengrajin payung tradisional.

Tahun ini adalah tahun ke empat diadakannya Festival Payung Internasional (FPI), festival tahunan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surakarta dan akan mengambil waktu selama tiga hari pada bulan September ini. Tepatnya pada tanggal 15 – 17 September 2017 di Taman Balekambang, Manahan, Solo.

Pemilihan lokasi di lakukan karena Taman Balekambang mempunyai nilai sejarah dan nilai seni tertentu yang menjadi nilai tambah dari festival ini. Festival ini akan dibuka setiap harinya mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB dan gratis, anda hanya perlu membayar uang parkir saja.

Festival ini digelar untuk mempertemukan pelaku kreatif industri payung, pelaku seni, dan masyarakat agar dapat melestarikan kerajinan payung di Indonesia. Pasar payung akan jadi sentral utama pada festival tersebut, tetapi masih banyak lagi rangkaian acara yang bisa anda saksikan. Seperti Karnaval Payung, Pentas Tari Payung, Solo Dance Festival, Fashion Show Payung, Workshop dan Melukis Payung, Pameran dan Lomba Foto, Sarasehan dan Refleksi, serta Workshop World Culture Forum. Beberapa daerah bahkan beberapa negara tetangga juga ikut memeriahkan event tahunan ini.

Di Indonesia, payung termasuk jenis kerajinan khas daerah, misalnya Payung Geulis dari Tasikmalaya. Seperti namanya, Payung Geulis merupakan payung elok atau cantik, terdapat dua motif payung geulis, yaitu motif hias geometris berbentuk bangunan yang lebih menonjol seperti garis lurus, lengkung dan patah-patah. Dan Motif hias non-geometris yang diambil dari bentuk alam, seperti manusia, hewan dan tanaman. Serta masih banyak lagi jenis payung lainnya.

Festival Payung Internasional (FPI) merupakan adaptasi dari festival payung yang juga diadakan di negara lain, seperti The Floating Umbrella Festival Agueda di Portugal sejak tahun 2012. The Oil Paper Umbrella Festival yang diadakan setiap tahun di Chiang Mai, Thailand selama bulan Januari hingga Februari. Pada Oktober 2014 juga diadakan Oil Paper Umbrella Festival di Luzhou, Sichuan, China.

Bagi anda yang tertarik dan ingin menyaksikan event tahunan ini, masih ada waktu untuk memesan tiket kereta api atau pun pesawat terbang tujuan kota Solo. Bukan hanya festival payung, anda juga dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik lainnya yang ada di wilayah Solo dan sekitarnya.