Search

Festival Payung Indonesia Tahun 2018 Kembali Digelar Di Solo Pada Minggu Ini

Festival Payung Indonesia Tahun 2018 Kembali Digelar Di Solo Pada Minggu Ini

Tidak berbeda jauh dengan Yogyakarta, Solo juga dapat membuat siapa saja yang mengunjunginya dapat membuatnya kangen dan ingin mengunjungi kota Solo kembali. Sebentar lagi Solo akan mengadakan festival tahunan, yaitu Festival Payung Indonesia. Tahun ini adalah untuk ke lima kalinya diadakan di kota Solo. Festival tahunan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Festival Payung Indonesia ini tidak hanya diikuti oleh peserta dalam negeri saja, tetapi juga peserta dari mancanegara. Berbagai macam kerajinan payung dipamerkan disini.

Di balik tampilan aneka warna payung yang menarik dan sangat apik, rupanya ada tujuan baik di dalamnya. Festival ini diadakan bertujuan untuk mempertemukan para pelaku industri kreatif payung, pengrajin, pelaku seni, dan masyarakat untuk lebih melestarikan seni kerajinan payung yang ada di Indonesia. Rencananya Festival Payung Indonesia ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus – 8 September 2018 di Istana Mangkunegaran Solo. Tenang saja acara ini gratis, anda hanya perlu ongkos untuk datang ke Istana Mangkunegaran saja.

Acara yang digelar di pusat kota Solo ini awalnya inisiasi atas kesadaran berbagai pihak untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan budaya payung di Indonesia. Penggunaan, nilai seni dan filosofi payung di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Payung-payung yang dipamerkan dari setiap daerah ini menggunakan kain khas daerah masing-masing. Warna-warni dan ragam corak payung menambah apik suasananya.

Selain berbagai jenis payung, disini anda juga akan disuguhkan dengan berbagai acara seni menarik lainnya. Antara lain; tari antar daerah, hingga workshop pembuatan payung agar anda dapat menciptakan kreasi payung anda sendiri. Bahkan anda dapat menemukan berbagai macam kuliner di acara tersebut.

Apresiasi yang besar dari masyarakat dalam festival ini sekaligus menjadi daya tarik wisata, diharapkan desa-desa payung di Indonesia kembali menggeliat. Festival Payung Indonesia pertama kali digelar pada tahun 2014 di Solo. Event ini diselenggarakan karena lesunya industri kerajinan payung tradisional di Indonesia. Jadi diharapkan dengan adanya Festival Payung Indonesia dapat mengembangkan ruang kreatif baru yang mengeksplorasi produk industri kreatif dan membangkitkan kembali kerajinan payung Indonesia yang mulai terancam punah.

Kira-kira gebrakan rangkaian apalagi yang akan disuguhkan pada Festival Payung Indonesia tahun ini? Penasaran? Catat tanggalnya dan segera pesan tiket perjalanan bagi anda yang berada jauh dari kota Solo.