Search

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 Akan Segera Tiba

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 Akan Segera Tiba

Ajang kesenian tahunan bagi warga Yogyakarta dan wisatawan akan segera tiba. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke 29 siap menyapa anda kembali. Rencananya event tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 Juli sampai 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Berbagai macam pentas kesenian dan aneka kuliner khas Indonesia dapat anda temukan di sana. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke 29 ini digelar dengan tema Umbar Mak Byarr.

Umbar memiliki makna serupa dengan waktu luang, umbar sebagai aktivitas istirahat. Dalam lingkar waktu kehidupan manusia, masa rehat berarti moment untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran di sela-sela berbagai macam aktivitas manusia, baik itu bekerja maupun bersekolah. Dalam masa rehat, seorang manusia bisa bercanda, makan, menyalurkan hobi, berwisata dan kegiatan lainnya. Masa rehat menjadi waktu luang yang berharga sebelum seseorang menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Event tahunan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) bisa dijadikan ruang untuk mengekspresikan gagasan-gagasan bagi seniman, budayawan, desainer, pembuat acara, pasar seni, pengrajin daerah dan pemilik UKM. Rangkaian persiapan FKY 29 telah diumumkan ke publik melalui akun sosial media yang di kelola oleh panitia FKY 29. Dan pada FKY 29 tahun 2017 ini telah disediakan sekitar 100 stand seni kreatif secara cuma-cuma atau gratis. Rencananya dalam FKY 29 juga akan ada diskusi seni di mana akan diadakan seminar dan talkshow dengan narasumber seniman-seniman kondang. Tidak ketinggalan juga dengan bermacam-macam workshop, salah satunya yang cukup menarik adalah seni mewarnai hasil kerajinan bagi anak-anak supaya lebih mengenal warna di dunia seni.

Selain itu juga akan diadakan bioskop Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang biasanya sangat ramai dan digelar di area terbuka dengan layar tancap serta menggelar tikar untuk menontonnya. Akan tetapi yang selalu dinantikan adalah seni panggung, baik di panggung besar (utama) maupun panggung-panggung kecil. Pertunjukan ini biasanya di mulai pada sore hingga malam hari.

Event tahunan ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah Yogyakarta. Selain berbagai macam kegiatan seni yang diselenggarakan pada FKY 29 juga  diadakan pasar seni yang akan memanjakan pengunjung dengan berbagai stand pernak-pernik, pakaian, sepatu juga berbagai macam makanan dan minuman yang unik.
Seperti FKY pada tahun-tahun sebelumnya, FKY 29 tahun ini tengah bersiap diri untuk menyambut antusiasme masyarakat terhadap event tahunan ini. Rangkaian persiapan kegiatan telah diumumkan dan persiapan tempat acara pun tengah dikerjakan. Jadi jangan lupa untuk menandai kalender Anda agar tidak melewatkan event seru yang cuma setahun sekali ini.