Search

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2018 Kembali Hadir Dalam Waktu Dekat

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2018 Kembali Hadir Dalam Waktu Dekat

Ajang tahunan yang dinanti-nantikan oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya akan segera tiba. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) siap menyapa anda pada tanggal 23 Juli hingga 9 Agustus 2018. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) tahun ini akan diselenggarakan untuk ke 30 kalinya, dan akan diadakan kembali di Planet Pyramid yang berlokasi di Jalan Parangtritis Km. 5,5 Bangunharjo, Bantul. Untuk tahun 2018 ini Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 30 mengambil tema Mesemeleh, merupakan diambil dari dua kata yaitu Mesem dan Semeleh, dalam bahasa Jawa, mesem berarti senyum dan semeleh berarti ikhlas atau nrimo. Semeleh dalam FKY 30 ini dipresentasikan sebagai kedewasaan FKY 30. Sehingga bisa menyajikan hiburan dan kesenian yang menarik, edukatif serta mengikuti perkembangan zaman.

Setiap tahunnya Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) menampilkan hal yang berbeda. Pembukaan FKY 30 pada tahun 2018 ini akan mengambil tema ‘Topeng’. Pada saat pembukaannya akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Malioboro dan beragam topeng yang akan diarak dalam perhelatan ini. Mulai dari topeng tradisional hingga topeng kontemporer.

Festival ini menjadi acara favorit bagi food hunter, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) meliputi kegiatan antara lain; pameran dagang, panggung pertunjukan, panggung senyap, workshop, diskusi kreatif, pameran seni rupa, bioskop FKY, pertunjukan teater, pembacaan prosa, pertunjukan kontemporer dan menampilkan berbagai hasil kerajinan UKM. Melalui program-program tersebut diharapkan dalam perhelatan FKY 30 muncul berbagai karya yang memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat.

Bioskop FKY biasanya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu dan mempunyai banyak peminatnya. Karena digelar di area terbuka dengan layar tancap serta menggelar tikar untuk menonton. Film yang diputar merupakan hasil karya seniman-seniman yang mengikuti open submission dan biasanya diumumkan menjelang FKY dilaksanakan. Pertunjukan seni biasanya dimulai pada sore hingga malam hari.

Keterlibatan masyarakat dari semua kalangan cukup berarti bagi penyelenggaraan festival ini. Sehingga pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan seni budaya di Yogyakarta dapat dicapai dan dapat memberikan banyak manfaat bagi semua pihak. Seperti penyelenggaraan FKY pada tahun-tahun sebelumnya, FKY tahun ini mengharapkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan yang diadakan di dalamnya.

Kegiatan festival tahunan ini diharapkan dapat menyedot jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta, baik domestik maupun mancanegara. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini rutin diadakan setiap tahunnya antara bulan Juni hingga bulan Agustus yang merupakan peak season atau musim liburan bagi wisatawan asing dan domestik.

Menarik bukan? Catat tanggalnya dan luangkan waktu anda untuk berkunjung ke Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke 30, dari tanggal 23 Juli hingga 9 Agustus 2018.