Search

Festival Danau Toba Kembali Digelar Tanggal 6 – 9 September 2017

Festival Danau Toba Kembali Digelar Tanggal 6 – 9 September 2017

Pesona keindahan Danau Toba tidak dapat diragukan lagi, ada banyak spot menarik yang bisa dikunjungi. Danau toba terbentuk melalui ledakan gunung berapi pada jaman purba. Daerah ini dianggap sebagai tempat kelahiran orang Batak, kelompok etnis asli Sumatera Utara.

Danau Toba memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter dan diakui sebagai danau terbesar di Asia Tenggara serta salah satu danau terdalam di dunia.

Saat ini wisatawan dapat mencapai Danau Toba melalui Bandara Silangit dengan memotong waktu 1,5 jam dibandingkan dengan perjalanan darat yang dapat memakan waktu selama 5 jam dari Medan. Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air memiliki penerbangan reguler ke Bandara Silangit dari Jakarta serta penerbangan harian dari Bandara Kualanamu.

Danau Toba yang megah di Sumatera Utara akan mengadakan perayaan yaitu Festival Danau Toba yang akan dihelat pada tanggal 6 – 9 September 2017. Pada tahun 2017 ini, festival tahunan akan berpusat di Bakkara, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), Sumatera Utara. Awalnya event budaya, pariwisata dan olahraga ini bernama Pesta Danau Toba. Kemudian event ini pada tahun 2011 berubah menjadi Festival Danau Toba.

Sejak berganti nama menjadi Festival Danau Toba, lokasi pelaksanaan event ini dilakukan secara bergantian di kabupaten kawasan Danau Toba. Event tahunan ini sudah berlangsung sejak tahun 1980-an. Pada festival ini akan diadakan beragam budaya yang ada di kawasan Danau Toba.

Festival Danau Toba mencakup berbagai kegiatan musik, seni dan kerajinan, kompetisi olahraga, seminar pariwisata hingga pameran. Diantaranya: Parade Gerobak Hias bertema Ulos, Tarian Kolosal Puak, Lomba Lari, Lomba Perahu Naga Solu, Tari Mocak dan Tor Tor Tumba, Geopark Ucok Butet, Pawai Keindahan Toba dan masih banyak lagi yang lainnya. Festival ini juga akan menampilkan pertunjukkan seni dan budaya dari kabupaten sekitar Danau Toba, termasuk Sibolga, Batubara, Dairi, Karo, Samosir, Toba Samosir, Padang Lawas, dan Tapanuli Utara.

Untuk lomba yang akan diadakan pada Festival Danau Toba antara lain; lomba renang Danau Toba, lomba paramotor layang, lomba solu marsada sada, lomba mardua-dua, lomba duta wisata Danau Toba, lomba fotografi, lomba lukis anak-anak, lomba lukis anak-anak, lomba vokal grup, lomba kuliner, lomba marathon 5K.

Pastikan untuk memilih Danau Toba sebagai tujuan wisata anda selanjutnya. Tandai dalam kalender anda untuk menikmati Festival Danau Toba yang diselenggarakan setahun sekali ini. Segera booking hotel dan tiket pesawat anda, jangan sampai ketinggalan!