Search

Festival Budaya Isen Mulang, 19 – 22 Mei 2017 Di Kotawaringin Timur

Layaknya kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia, Kalimantan Tengah juga mempunyai festival budaya yang juga sayang jika dilewatkan begitu saja. Festival Budaya Isen Mulang adalah kegiatan atau event tahunan yang diadakan di Kalimantan Tengah dan dalam rangka menyambut hari jadi provinsi Kalimantan Tengah yang jatuh pada bulan Mei. Apabila Festival Budaya Isen Mulang biasanya diselenggarakan di Palangkaraya, tahun 2017 ini akan diadakan di Kotawaringin Timur (Kotim). Sejumlah rangkaian acara sudah disiapkan pada event tahunan tersebut.

Isen Mulang dalam bahasa Dayak Ngaju memiliki arti Pantang Mundur. Tujuannya adalah untuk menampilkan serta mempopulerkan ke-aneka ragaman budaya di Kalimantan Tengah yang dikemas dalam bentuk karnaval. Selain karnaval juga diadakan lomba-lomba seperti olahraga dan kesenian tradisional; lomba sakepeng, maneweng/manetek/manyila waktu (memotong batang pohon), tari manyipet, panginan tradisional (makanan tradisional), fotografi, jukung tradisional (perahu tradisional), besei kambe (mendayung perahu), jukung hias (perahu hias), tari daerah, balugu (permainan tradisional), hambayang, lagu daerah, karungut (musik tradisional), mangenta, mangaruhi (menangkap ikan), sepak sawut (bola api), serta kontes putra-putri Kalimantan.

Festival Budaya Isen Mulang bisa menjadi tujuan traveling anda berikutnya, tiketnya sendiri bisa anda book di CITOS.ID, di Festival Budaya Isen Mulang juga anda akan diperkenalkan dengan produk-produk unggulan dari berbagai kabupaten di Kalimantan Tengah, UMKM maupun koperasi mitra binaan BUMN.

Event ini diharapkan dapat memacu tingkat kunjungan wisata di Kalimantan Tengah. Festival Budaya Isen Mulang memanjakan anda dengan berbagai macam atraksi kesenian. Sebuah festival budaya rasanya kurang lengkap tanpa acara puncak, pada event ini yang cukup di nanti-nantikan adalah pemilihan Putra-Putri Kalimantan Tengah. Pemilihan Putra-Putri Kalimantan Tengah ini diikuti oleh 13 Kabupaten. Nantinya para juara akan diikut-sertakan dalam lomba pemilihan Putra-Putri Pariwisata tingkat nasional.

Festival Budaya Isen Mulang tersebut akan dibuka pada tanggal 19 Mei 2017 dan berlangsung hingga tanggal 22 Mei 2017. Event ini juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan antar kabupaten yang ada di seluruh Kalimantan Tengah dalam rangka melestarikan serta menumbuh kembangkan seni dan budaya pariwisata Kalimantan Tengah, juga sebagai wadah bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitas mereka masing-masing agar terus berprestasi.

Jika anda adalah pecinta seni dan budaya Indonesia serta seorang traveller, ini bisa dijadikan destinasi anda untuk berwisata.