Search

Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Untuk Membeli

Perilaku konsumen berkaitan dengan proses pembelian suatu barang atau jasa. Karena perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli barang atau layanan jasa. Ketika memutuskan akan membeli tentu sebagai konsumen selalu memikirkan terlebih dahulu mengenai barang atau layanan jasa yang akan dibelinya. Pada dasarnya kebutuhan dan keinginan konsumen akan terus berubah. Hal ini dikarenakan konsumen mengalami perubahan kebutuhan dalam kehidupan.

Sebagai pelaku usaha, anda perlu memahami perilaku konsumen. Perilaku konsumen ini meliputi seluruh komponen produk atau jasa mulai dari kemasan, kualitas, hingga harga tak luput dari perhatian. Bahkan tak jarang juga nama besar suatu perusahaan menjadi pertimbangan bagi konsumen. Jika produk atau layanan jasa yang mereka beli tidak sesuai dengan standar yang mereka inginkan, konsumen merasa kecewa. Maka mereka akan berpindah ke kompetitor yang menyediakan produk atau layanan jasa serupa. Memahami perilaku konsumen sangat anda butuhkan agar bisnis online anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Perilaku konsumen dimulai dari tahap sebelum, sesaat dan sesudah membeli produk atau layanan jasa. Agar bisnis online yang anda jalankan lebih efektif, anda bisa mempelajari apa apa saja faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau layanan jasa sebagai berikut:

  1. Faktor Eksternal
  • Faktor Budaya, merupakan hasil kreativitas manusia dari generasi ke generasi. Hal ini sangat menentukan bentuk perilaku konsumen sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat.
  • Faktor Kelas Sosial, suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan dalam masyarakat.
  • Faktor Keluarga, suatu unit terkecil dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menentukan pengambilan keputusan untuk membeli sebuah produk atau layanan jasa.
  • Pemasaran Usaha, hal ini terkait dengan strategi dari sebuah bisnis yang meliputi merek, kualitas, pelayanan, harga, dan manfaat produk atau layanan jasa tersebut. Sehingga mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli.
  1. Faktor Psikologis
  • Faktor Pengalaman, merupakan perubahan perilaku konsumen akibat dari pengalaman sebelumnya. Karena pengalaman yang didapatkan sebelumnya oleh konsumen akan mempengaruhi keputusan dalam membeli.
  • Faktor Kepribadian, faktor ini dipengaruhi dari dalam diri konsumen itu sendiri.
  • Faktor Sikap dan Keyakinan, konsumen dapat berubah setiap saat. Hal ini terkait dengan merek ataupun pelayanan di mana mereka akan membeli.
  • Konsep Diri, hal ini berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.

Beberapa faktor di atas dapat menjadi dasar bagi anda dalam mengembangkan bisnis online. Karena perilaku konsumen untuk membeli adalah wujud dari kekuatan kompetitif yang menentukan intensitas persaingan bisnis online. Bukan hanya itu, dengan mengetahui perilaku konsumen anda akan lebih mudah merancang strategi pemasaran, segmentasi pasar, analisis lingkungan usaha, mengembangkan trend pasar, hingga produk baru ke pasaran.