Search

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Pada Pasar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Pada Pasar

Permintaan dan penawaran dalam sebuah bisnis merupakan suatu penggambaran hubungan di pasar antara konsumen dengan pelaku usaha terhadap suatu barang atau jasa. Model permintaan dan penawaran digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar, dan cukup penting untuk memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara permintaan pasar dan kuantitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha.

Penawaran dan permintaan pasar juga mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari penawaran dan permintaan baik barang maupun jasa.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pada pasar antara lain:

  1. Selera

Dengan berubahnya selera konsumen atas suatu barang atau jasa tertentu, maka tentu saja jumlah permintaan atas barang atau jasa itu pun berubah. Jika barang atau jasa tersebut sedang disukai oleh orang banyak, maka permintaan akan barang dan jasa tersebut juga meningkat. Keadaan sebaliknya akan terjadi jika barang atau jasa tidak disukai oleh konsumen.

  1. Perubahan Pendapatan

Jika pendapatan masyarakat bertambah tentu juga akan terjadi perubahan pola permintaan pasar. Misalnya: kenaikan gaji pegawai negeri pemerintahan pasti akan meningkatkan pendapatan pegawai tersebut. Kenaikan gaji tersebut dapat mengakibatkan terjadinya perubahan permintaan terhadap beberapa komoditi pada tingkat harga tertentu atas barang-barang kebutuhan pokok, pendidikan, serta masih banyak lagi.

  1. Harapan dan Ekspektasi

Apabila konsumen memperkirakan jika pendapatannya akan meningkat seperti yang diharapkan, maka jumlah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa pun cenderung akan meningkat. Namun sebaliknya, jika konsumen memperkirakan pendapatannya akan menurun, maka jumlah permintaan pun cenderung menurun.

  1. Teknologi

Tingkat kemajuan teknologi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan menentukan kemampuan perusahaan tersebut dalam berproduksi. Pada umumnya semakin tinggi teknologi yang diterapkan, maka semakin efisien perusahaan tersebut dalam memberikan penawaran barang.

  1. Banyaknya Barang Pengganti Yang Tersedia

Jika suatu barang mempunyai banyak barang pengganti, permintaan cenderung bersifat elastis atau fleksibel. Perubahan harga yang kecil saja akan menimbulkan perubahan yang besar terhadap permintaan. Permintaan barang terhadap barang yang tidak banyak mempunyai barang pengganti bersifat tidak elastis. Karena jika harga naik, konsumen sukar memperoleh barang pengganti. Sehingga permintaan tidak banyak berkurang. Jika harga turun, permintaan tidak banyak bertambah. Karena tidak banyak tambahan konsumen yang membeli barang tersebut.