Search

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Lingkungan cukup berpengaruh terhadap keberhasilan maupun kegagalan bisnis. Karena elemen-elemen yang ada di lingkungan dapat mendorong dan juga dapat menghambat bisnis untuk berkembang. Hal tersebut diakibatkan karena perubahan yang terjadi di lingkungan akan berdampak positif maupun negatif terhadap bisnis yang dijalankan. Salah satu contoh dampak negatif dari perubahan lingkungan adalah saat pemerintah membatasi kuota kacang kedelai dari luar negeri dan hal tersebut dapat mempengaruhi harga jual kacang kedelai itu sendiri. Saat harga jual naik, akan mengakibatkan pada penurunan penjualan dan tentu saja akan berdampak buruk terhadap bisnis tersebut.

Akan tetapi perubahan lingkungan terhadap Teknologi dan Informasi akan berdampak positif terhadap bisnis. Karena hal tersebut membuat segala operasional usaha menjadi lebih mudah dan praktis serta dapat menekan biaya pemasaran.

Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang bisa berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap bisnis. Lingkungan bisnis sendiri di bagi menjadi dua, yaitu:

  1. Lingkungan Bisnis Internal

Merupakan faktor-faktor yang ada dalam kegiatan produksi itu sendiri dan berpengaruh langsung terhadap hasil produksi. Biasanya lingkungan ini digunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan. Lingkungan ini terdiri dari:

  • Tenaga Kerja
  • Modal
  • Bahan Baku
  • Alat Produksi
  • Manajemen
  • Pemegang Saham
  1. Lingkungan Bisnis Eksternal

Adalah faktor yang tidak berpengaruh langsung terhadap perusahaan. Antara lain:

  • Lingkungan Mikro

Adalah lingkungan yang secara langsung relevan bagi perusahaan untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Hal-hal yang termasuk dalam lingkungan mikro, yaitu:

  1. Pelanggan atau konsumen yang membeli produk dari barang atau jasa yang anda jalankan sebagai pelaku bisnis.
  2. Pemasok, adalah kelompok atau individu yang menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam memproduksi barangnya, seperti bahan baku, alat produksi, keuangan dan tenaga kerja.
  3. Perantara, adalah orang yang berperan sebagai penyalur antara perusahaan yang menghasilkan produksi kepada pelanggan.
  4. Pesaing, perusahaan yang menawarkan kepada pelanggan yang menjual jasa atau produk barang yang sama dengan bisnis yang anda jalankan.
  5. Kreditor, kelompok atau perusahaan tertentu yang berpengaruh terhadap kegiatan organisasi keuangan, contohnya bank yang menawarkan pinjaman uang untuk bisnis.
  6. Pembuat peraturan, badan yang bergerak dalam bidang penegak hukum.
  7. Serikat kerja, organisasi yang mengumpulkan para pekerja untuk memperjuangkan aspirasi para pekerja.
  • Lingkungan Makro

Adalah lingkungan yang mempunyai dampak secara tidak langsung terhadap perusahaan. Lingkungan ini memiliki cakupan yang luas dibandingkan lingkungan mikro. Yang termasuk dalam lingkungan makro adalah lingkungan teknologi, lingkungan ekonomi, lingkungan sosial budaya, lingkungan hukum, lingkungan global, dan lingkungan alam.