Search

Faktor Dan Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Dalam Pembelian Produk

Faktor Dan Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Dalam Pembelian Produk

Sikap konsumen adalah faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen di dalam membeli produk barang maupun jasa. Sikap konsumen terkait dengan kepercayaan dan pengetahuan tentang produk barang atau jasa yang akan dibelinya. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen dalam proses untuk membuat sebuah keputusan dalam pembelian. Keputusan pembelian berkaitan dengan kegiatan di mana seorang konsumen untuk mencari suatu produk atau jasa yang diinginkannya.

Konsumen memiliki keragaman yang menarik untuk dipelajari karena meliputi: usia, latar belakang budaya, pendidikan, dan keadaan sosial ekonomi yang berbeda. Perilaku konsumen berlaku dalam beberapa tahap, yaitu pada tahap awal sebelum pembelian, saat pembelian dan setelah pembelian. Sebelum melakukan pembelian, konsumen akan menggali informasi tentang produk yang akan dibelinya, pada saat pembelian, konsumen melakukan transaksi dengan penjual dengan membayar produk yang dibelinya. Pada tahap setelah pembelian, konsumen menggunakan produk yang dibelinya dan mengevaluasinya.

Ada empat faktor yang mendasari proses pembelian keputusan konsumen pada pembelian produk atau jasa yaitu:

  1. Produk

Meliputi kualitas produk, mutu, desain dan kemasan. Dengan kualitas yang bagus dan kemasan yang menarik tentu akan mempengaruhi konsumen dalam membeli sebuah produk atau jasa.

  1. Harga dan promosi

Dengan harga tertentu tentu akan memberikan peranan penting bagi konsumen dalam mengambil sebuah keputusan. Di sini pelaku bisnis dituntut untuk memberikan harga dan kualitas produk terbaiknya bagi konsumen. Harga adalah salah satu pertimbangan bagi konsumen.

  1. Kebutuhan

Konsumen membeli produk berupa barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan.

  1. Gaya hidup

Konsumen akan memilih produk atau jasa yang akan dibeli sesuai dengan pola hidup mereka. Konsumen akan merasa bangga dengan produk yang dibelinya.

Pola perilaku di atas menunjukkan bahwa dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai dan mengatur barang atau jasa yang akan mereka beli, konsumen akan memilih yang mereka anggap memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika anda adalah pelaku bisnis online, maka diharapkan mampu memberikan yang terbaik bagi konsumennya.